caption trialgame

musim hujan, hati-hati karatan!

Wednesday, 7 December 2022

Yha Bodi Motor Trail Karatan


Motor trail miliki beragam material yang perlu perawatan guna menjaga umur kendaraan agar tetap awet. Ada beragam komponen mulai dari besi, plastik, mika, kaca, dan lainnya. Ada satu masalah yang paling banyak dialami para pemilik motor trail, terutama mereka yang gemar trabasan yaitu masalah karat.

Penyebabnya awalnya bisa karena udara lembab, banjir atau genangan air, kemudian makin terasa rumit lagi jika letak karat yang tidak terlihat. Sebelum masalah karat itu terjadi pada motor trail Anda, berikut ini beberapa cara untuk mencegahnya. Yang pertama adalah cucilah motor secara berkala untuk perawatan dan pencegahan pertama guna menghindari rangka atau sasis sepeda motor menjadi berkarat. Membersihkan motor membantu peremajaan dan perawatan dari debu karena mampu meningkatkan daya rekat, durabilitas, serta warna motor. Motor akan jadi kusam jika tidak dicuci secara berkala, bahkan bisa mengakibatkan retakan di beberapa sisi dan sabun cuci khusus motor juga memiliki fungsi tersendiri.

Bila perlu, bongkar bodi motor yang memang paling jarang dilakukan oleh kebanyakan orang pemilik motor. Ini dilakukan jika ingin mencegah terjadinya karat di beberapa komponen. Untuk membongkar bodi sepeda motor memang membutuhkan banyak waktu, tapi ini penting mengingat sisi sasis kendaraan tidak dapat terlihat karena bodi yang tebal. Sebaiknya dibongkar dan dicuci guna mengecek hingga kebagian terdalam.

Lakukan pengecekan sendi rangka, karena sendi rangka motor atau sasis memiliki sisi yang vital, salah satunya bagian pencekram fork atau sisi depan rangka kendaraan. Hal ini menjadi perhatian karena karat bisa saja merusak rangka kendaraan. Selain itu, cek segala sisi kendaraan yang menyangkut dan menyangga rangka kelistrikan. Cukup pastikan sendi rangka tidak bermasalah atau mulai terlihat kotor, maka bersihkan secara rutin.

Perhatikan aturan  pemakaian, pemakaian berkala akan menjadi masalah bila diforsir tanpa ada jeda penggunaan. Pada dasarnya motor juga memiliki jarak tempuh yang dianjurkan agar kondisinya tetap optimal. Motor yang digunakan untuk kondisi tidak menentu serta diperparah bobot dan jarak perjalanan yang jauh akan terforsir dari waktu ke waktu. Jadi pastikan kondisi kendaraan tetap prima dengan mencuci, cek sasis, dan menjaga bobot kendaraan. Bukan tidak mungkin karat, tapi akan memberikan efek buruk dengan retak di beberapa sisi rangka sepeda motor.

Walau sudah rutin membersihkan rangka sepeda motor, namun karat kerap muncul, mungkin diperlukan perlindungan ekstra dengan beragam alat atau cairan penghilang karat. Berbeda dengan cairan biasa, kandungan cairan penghilang karat juga memberikan efek perawatan di permukaan bensin dengan menjaga kadar viskositasnya. Material besi juga tetap kuat menahan bobot kendaraan yang dianjurkan untuk waktu yang lebih lama dengan perawatan melalui cairan. Nah, jangan tunggu karat muncul baru mulai merawat motor trail Anda ya.

comments

`