caption trialgame

Ngga Usah Bingung Pilih Ban Offroad!

Wednesday, 21 April 2021

Gak Usah Bingung Pilih Ban Offroad Motor Trail


Bagi yang sudah tahunan menggeluti dunia motor trail offroad tentu sudah paham jika fungsi ban amatlah vital. Walaupun kemampuan sang pengendara cukup mumpuni, serta performa mesin motor yang mantab, jika tidak didukung dengan ban yang tepat tentu akan menjadi hal yang sia-sia. Apalagi jika kemudian melahap lintas offroad di kala hujan. Sudah pasti bakal sering terdengar suara motor terjatuh.

Ban di motor trail itu ibarat sepatu bagi pendaki gunung. Sepatu yang pas akan membuat pendaki menjadi merasa nyaman, menghemat energi karena tidak sering selip atau terpeleset. Apalagi jika medan yang dilalui itu memang membutuhkan cengkeraman “sepatu” yang kuat.

Saat ini banyak beredar berbagai macam merek ban motor trail di tanah air.  Tipe yang ditawarkan oleh penjual juga beragam, tidak heran jika hal ini banyak membuat para pemula bingung saat memilih ban offroad. Apalagi harga ban offroad rata-rata di atas 500 ribu, jadi salah beli akan membuat saldo tabungan Anda semakin berkurang.

Seringkali ada pemula yang sudah terlanjur membeli ban trail namun ketika dipakai di medan offroad ternyata tidak sesuai dengan harapan. Roda motor masih sering selip dan tidak mencengkeram dengan baik di tanah. Akibatnya dia harus membeli lagi ban motor yang dirasa pas.

Ketika membeli ban jangan tergoda dengan tampang ban yang terlihat sangar, padahal ketika dipakai di medan offroad ternyata menjadi melepem. Kami sarankan untuk membeli  ban yang sudah punya reputasi di dunia offroad misalnya Dunlpop, Kenda, Bridgestone, Maxis, Pirelli, Metzeler, atau lainnya. Untuk urusan harga, memang ban merk-merk ternama itu relatif lebih mahal, namun Anda tidak akan rugi karena puas memakainya. Daripada beli harga yang lebih murah, namun nantinya akan kecewa dan akhirnya membeli lagi ban yang lebih bagus.

Nah lantas, tipe ban apa sih yang pas untuk dipakai offroad? Pada dasarnya tipe ban offroad itu dikelompokan dalam 3 kelompok yaitu tipe hard, intermediate dan soft. Bagi yang punya uang banyak, mungkin tidak ada masalah menyimpan ban berbagai tipe dan tinggal memasangnya sesuai dengan medan offroad yang akan dilalui. Namun bagi yang dananya pas-pasan, tentunya hanya bisa memilih salah satu saja.

Jika memang bujet hanya cukup untuk satu tipe, kami sarankan untuk membeli ban tipe intermediate. Tipe intermediate ini adalah tipe yang berada di tengah-tengah, antara hard dan soft. Ban tipe intermediate bisa dipakai di medan yang basah hingga keras, seperti bebatuan. Tipe intermediate juga cocok untuk dipakai di jalur tanah keras yang licin, sepertinya tanah padas yang banyak berada di gunung-gunung. Nah buat yang mau ganti ban offroad jangan salah pilih ya.

comments

`