Nih Penyebab Karat Pada Motor Trail
Salah satu masalah yang bisa timbul pada motor trail Anda, apalagi jika Anda penggemar trabasan yang malah membersihkan motor trail selepas berpetualang, adalah karat. Penyebab Karat pada motor trail adalah air. Nah tapi tahukah Anda bahwa air hujan ternyata sangat mudah menimbulkan karat, karena mengandung asam yang tinggi, jadi jangan malas cuci motor jika sering terkena hujan.
Metal masih menjadi bahan utama pembuatan motor trail. Meski kini sektor bodi motor trail sudah menggunakan material plastik, metal masih jadi bahan pembuat rangka dan komponen pendukung lainnya. Dari sekian banyak jenis metal, besi masih jadi pilihan utama. Besi dipilih karena kuat, murah, dan mudah dibentuk. Namun besi memiliki kekurangan, yaitu mudah teroksidasi dan menjadi karat.
Sebelum itu, mari kita bahas tentang karat. Apa itu karat? Karat adalah proses kimia yang terjadi pada besi, sehingga menimbulkan iron oxide berupa noda berwarna merah kekuningan pada permukaan besi. Karat utamanya disebabkan oleh udara dan kelembaban. Namun karat juga bisa disebabkan oleh zat asam.
Untuk mencegah karat, produsen akan memberikan cat, agar lapisan terluar besi yang rentan karat jadi terlindungi. Namun seiring berjalannya waktu, lapisan cat itu bisa saja tergores, atau terkelupas. Saat besi yang terbuka ini kontak dengan udara, kelembaban, cairan, atau asam, dapat dipastikan akan timbul karat. Jika dibiarkan, karat akan menyebar ke daerah sekitarnya dan akan meluas. Komponen iron oxide pada karat, akan melemahkan besi sehingga menjadikannya keropos dan kemudian menghancurkannya.
Untuk mencegah timbulnya karat, Anda wajib cek komponen besi di motor trail, misalnya rangka, swing arm, foot step, dan bahkan rantai. Cek apakah ada lapisan cat yang mengelupas pada komponen besi tersebut, jika ada segera lakukan cat ulang agar besi tidak terekspos langsung dengan udara dan kelembaban.
Untuk komponen besi yang tidak dicat seperti bushing roda, berikan grease secukupnya untuk melapisi bagian terluar besi. Gunakan chain lube secara berkala pada rantai, untuk melindunginya dari karat. Lantas kalo motor trail sudah terlanjur terkena karat, bagaimana dong? Tenang kita bakal bahas hal ini pada artikel selanjutnya ya.
comments
`