caption trialgame

Nyaman Kendarai Motor Trail Build Up

Thursday, 27 February 2020

 

Kendati pabrikan otomotif besar sudah merilis beberapa jenis motor trail di tanah air, namun hal ini belum bisa memuaskan beberapa orang. Tidak sedikit orang yang masih ingin membeli atau memiliki motor trail build up yang konon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lainnya.

Biasanya para penghobi veteran atau mereka yang kerap turun di ajang lomba, lebih suka untuk menggunakan motor trail build up. Motor trail build up memang dikenal memiliki keunggulan pada tenaga tapi jika Anda tidak terbiasa mengendarainya, badan akan terasa amat lelah dan pegal selepas menungganginya. Mengapa demikian ya?

Selidik punya selidik, ternyata hampir semua motor trail build up yang beredar di Indonesia adalah yang diperuntukan untuk enduro atau motocross. Dan suspensi yang keras memang dirancang oleh pabrikannya sesuai dengan peruntukannya. Dan ingat, biasanya motor trail build up tidak dirancang untuk para pemula.

Suspensi yang lebih keras akan membuat motor trail menjadi lebih stabil ketika membelok dengan kecepatan tinggi, aman untuk jumping dan nyaman untuk speed offroad.Jika suspensi motor tersebut empuk maka motor trail akan tidak stabil untuk kecepatan tinggi, jika digunakan untuk melompat sudah bisa dipastikan suspensi akan membentur chasis motor. Hal ini amat berbahaya karena bisa mengakibatkan motor menjadi oleng dan terjungkal.

Semakin kencang Anda memacu motor trail Anda, maka akan semakin nyaman suspensi tersebut. Tapi ingat, jangan asal kencang ya, karena semua harus dipelajari dengan perlahan sehingga kemampuan mengendalikan motor trail Anda dapat terasah dengan benar. Jika skill belum mumpuni, bisa-bisa Anda malah celaka saat memacu motor trail yang memiliki power besar ini.

Lantas apa sih yang bisa dilakukan agar nyaman mengendarai motor trail build up? Ada tiga hal yang harus bisa Anda lakukan yaitu seting ulang suspensi sesuai dengan berat tubuh, kedua belajar teknik riding offroad yang benar dan terus perbanyak jam terbang di jalur offroad.

Anda harus mengalami proses adaptasi cukup lama dan belajar riding postion yang benar, untuk dapat mengendarai motor trail build up, dan setelah itu pasti akan terasa lebih nyaman menungganginya terutama ketika melakukan trabas.

Akhir kata, seperti sudah disebutkan di atas, motor trail build memang diperuntukan bagi mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi, serta skill mengendarai motor trail yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk mengendarai motor trail build up, jika Anda tidak memiliki dua hal tadi ya.

 

 

 

comments

`