caption trialgame

Nyaman Suplai Polisi, Suzuki Belum Ingin Pasarkan Motor Trail

Wednesday, 9 December 2020

Nyaman Suplai Polisi, Suzuki Belum Ingin Pasarkan Motor Trail


Pabrikan motor Jepang ramai merilis beragam motor trail untuk dipasarkan di tanah air. Mulai dari   Kawasaki, Honda, dan Yamaha, tapi hingga saat ini Suzuki belum turut meramaikan peta persaingan penjualan motor trail di tanah air. Apa sih sebabnya?

Sebenarnya Suzuki punya sebuah line up motor trail DR 150 yang pernah dikabarkan akan dipasarkan di Indonesia. Motor ini pun beberapa kali tertangkap sedang melakukan tes uji kelayakan di jalanan ibukota. Tapi seiring berjalannya waktu,  kabar dipasarkannya motor jenis ini semakin tenggelam dan terlupakan.

Tapi tahukah Anda ternyata Suzuki masih memiliki amunisi yang lebih bertenaga lagi yaitu motor trail tipe DR200 dan jenis ternyata sudah beredar di tanah air kendati hanya untuk kalangan terbatas. Suzuki DR200 merupakan motor trail dengan mesin 199 cc 4 tak dan masih mempercayai sistem pembakaran karburator dengan transmisi manual 5 percepatan. Jumlah silindernya satu dan mengandalkan sistem pendingin udara.

Suzuki DR200 sejak tahun 2015 sudah digunakan oleh Kepolisian Republik Indonesi untuk satuan Brimob dan hingga saat ini jumlah unit yang beredar ditaksir sudah mencapai lebih dari 8000 unit. jika dihitung rata-rata maka setiap tahun ada sekitar 1400 motor jenis ini yang beredar di jalanan Indonesia.

Menurut ujar Dept Head of Sales & Marketing 2W SIS, Yohan Yahya, motor ini dipilih untuk menjelajah daerah yang sulit dijangkau. Motor yang dibuat dan didatangkan dari Jepang ini tersedia dalam pilihan injeksi dan karburator, tapi hanya varian karburator yang didatangkan untuk Brimob.

Kendati  sudah cukup terpercaya dipakai oleh satuan Brimob selama 5 tahun ini, Suzuki masih merasa belum berani memasukkannya ke etalase untuk pasar motor Indonesia. Alasannya adalah motor ini masih impor dan motor dengan kapasitas 200cc yang diimpor akan menyebabkan harga tidak bersaing. "Ini masalah competitiveness di price aja," jelas Yohan, seperti dikutip detik.com. Buat Anda yang masih menunggu motor trail produksi Suzuki beredar secara massal di Indonesia, jangan berharap terlalu banyak dalam waktu dekat ini ya.

comments

`