caption trialgame

Optimalkan Motor Trail Dengan Bersihkan Ruang Bakar

Thursday, 22 October 2020

Optimalkan Motor Trail Dengan Bersihkan Ruang Bakar


Servis motor mutlak diperlukan agar performa motor trail tetap maksimal. Biasanya servis yang  sering dilakukan adalah ganti oli, atau pergantian komponen-komponen yang sudah habis masa pakainya. Misalnya air radiator, busi, kampas rem dan sebagainya. Tapi servis motor trail motor bukan sekadar ganti oli dan komponen saja. Ada beberapa perawatan-perawatan lain yang dapat dilakukan, agar menjaga performa mesin tetap prima, misalnya misalnya chamber cleaner.

Salah satu bengkel yang dapat melakukan servis ini adalah Arc Speedshop. Kweedy Frangky, selaku salah satu owner dari Arc Speedshop, menjelaskan mengenai servis dan perawatan yang ada di bengkelnya ini. “Kalo disini andalan kita full treatment service itu udah termasuk dengan injector cleaner, throttle cleaner, sama chamber cleaner," ujarnya.

Chamber cleaner sebenarnya lebih kearah pembersihan injektor dan ruang bakar. Dari endapan-endapan, maupun kerak yang ada di ruang bakar. Sehingga setelah dibersihkan, pembakarannya menjadi maksimal kembali.

Untuk sistem full treatment chamber cleaner  ada tiga bagian. Pertama injector cleaner ini adalah proses membersihkan injektor dengan cara infus. Memasukkan cairan pembersihnya ke ruang injektor, untuk membersihkan kerak-kerak di injektornya. Setelah bagian Injektor, langkah selanjutnya adalah bagian throttle. Kedua throttle cleaner, membersihkan dengan dua lapisan. Pertama kita berikan foam untuk perontok kotoran di throttle-nya. Setelah diberikan foam, disikat halus. Dengan sikat gigi halus kita bersihkan. Lalu dibilas dengan cairan khusus bilas karburator. Jadi semua cairan yang kita gunakan tidak sembarangan, khusus perawatan motor," jelasnya.

Yang terakhir yang paling banyak viral itu. Chamber cleaner atau di beberapa tempat lain disebutnya gurah motor. Gurah motor sendiri sistemnya, memasukkan cairan pembersihnya di ruang pembakaran. Ruang pembakaran kendaraan itu tempatnya dibawah busi. Jadi businya itu dibuka dulu, lalu masukkan cairannya. Didiamkan sekitar 20 menitan sampai 25 menit, agar cairannya itu bekerja merontokkan sisa-sisa pembakaran.

Proses pembersihan ruang bakar ini, juga dapat dilakukan di semua motor trail injeksi.  Proses servis ini juga tergolong cepat, prosesnya kurang lebih memakan watu 45 menit sampai dengan 1 jam. Meskipun, memang tergantung motornya. Semakin besar motornya, akan memakan waktu lebih lama.

Lalu kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis seperti ini ya? Servis seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu sering. Jika motor trail Anda memiliki jam terbang yang tinggi, rasanya setahun dua kali saja sudah lebih dari cukup kok.

comments

`