caption trialgame

Pabrikan India Kini Punya Cerita!

Tuesday, 10 January 2023

Berpetualang Bersama Pabrikan Motor Asal India


Motor pabrikan asal India memang belum sepopuler pabrikan Jepang, bahkan China sekalipun. Tapi bukan bearti negara ini tidak memiliki beragam pabrikan motor yang handal lho, salah satunya adalah Hero. Nah belum lama ini Hero menghadirkan sebuah sepeda motor adventure berukuran kecil yang bernama Xpulse 200 4V. Konon motor ini dirilis untuk menyaingi Honda CB190X yang penjualannya cukup lumayan di India.

Nah menilik dari nama yaitu Xpulse 200 4V, tentu banyak dari Anda yang bakal menyangka jika 4V adalah konfigurasi mesin tapi ternyata bukan ya. Hal ini hanya untuk menyatakan bahwa motor bermesin 1 silinder 200cc ini dilengkapi dengan 4 katup dan menggunan oli sebagai pendingin mesinnya.

Hero XPulse 200 4V,  adalah model yang disesuaikan dengan pasar India. Hero Motocorp pernah beraliansi dengan Honda, dan menyandang merek Hero Honda hingga 2010-an. Kini, Hero adalah salah satu produsen terbesar di dunia berdasarkan volume.

Model Hero didesain untuk menghargai karakteristik keandalan dan aksesibilitas, selain konsumsi bahan bakar yang rendah, yang sangat diminati di pasar tersebut. Seperti mesin XPulse200 4V satu silinder 200 cc dengan distribusi 4 katup, tenaga maksimum hingga 19 tenaga kuda pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 17,35 Nm pada 6.500, dikombinasikan dengan gearbox lima kecepatan. Bobotnya 158 kg, sementara tangki bahan bakarnya berkapasitas 13 liter. Homologasi anti-polusi adalah BS6 India, tidak terlalu berbeda dengan Euro 5.

Diameter roda layak untuk Petualangan sejati, dengan depan 21” dan 18″ di belakang, sementara pengereman keduannya menggunakan cakram depan 276 mm dan belakang 220mm, keduanya dengan profil daisy. Suspensi, forks dengan batang 37 mm dan peredam kejut tunggal di bagian belakang dan dilengkapi dengan sistem pencahayaan LED dan instrumentasi digital dengan konektivitas.

Hero mengatakan bahwa kelebihan produk mereka adalah bobot yang tidak terlalu berat, kemudahan perawatan, sedikit elektronik, konsumsi bahan bakar rendah, pengelolaan yang ekonomis. Penasaran kan harganya berapa? Di India produk ini ditawarkan dengan harga sekitar 132 ribu Rupee, yang dijika dikonversikan ke Rupiah yaitu sebesar 25 juta rupiah saja. Murah kan?  

 

comments

`