caption trialgame

Pahami Kondisi Ban Untuk Kenyamanan Berkendara!

Tuesday, 1 March 2022

Pahami Kondisi Ban Untuk Kenyamanan Berkendara!


Ban memiliki banyak peran pada motor trail Anda. Memahami ban berarti berkendara akan aman dan nyaman. Peran ban pada motor trail sangatlah penting, selain menjadi penggerak, ban memiliki beragam fungsi penting lainnya seperti menopang berat motor, mendukung kestabilan saat berkendara melewati berbagai medan jalanan, serta membantu daya cengkraman ke aspal saat pengereman.

?Perawatan ban sendiri sebenarnya cukup sederhana dan mudah dilakukan secara mandiri namun seringkali diabaikan oleh para pemiliknya. Padahal rutin melakukan perawatan ban motor dapat menjaga kenyamanan serta performa dari motor itu sendiri.  Nah oleh karena itu kami akan menjelaskan beberapa tips perawatan ban secara agar ban tetap dalam kondisi prima.

?Mengingat pentingnya peran ban, Anda perlu memperhatikan dan merawat ban sepeda motor sebelum digunakan untuk menghindari risiko yang dapat ditimbulkan dari kelalaian merawat ban sepeda motor. Sadar akan pentingnya memahami perawatan ban sepeda motor, Yamaha akan membagikan beberapa

Yang pertama adalah memeriksa kondisi fisik dari ban. Jika ada keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang, segera lakukan pergantian ban ke bengkel resmi atau terpercaya. Pada umumnya usia ban dapat mencapai 5 tahun, namun Anda tetap harus memperhatikan kondisi ban, apalagi jika digunakan aktif dan rutin, serta banyak melewati jalan yang tidak rata.

Selain memastikan tampilan luar ban bebas dari keretakan, Anda dapat melihat umur ban dari kode produksi yang terdapat pada bagian samping ban sepeda motor. Terdiri dari? kode 4 digit melihat tahun dan minggu pembuatan. Contohnya jika pada ban terdapat kode 0422, artinya ban tersebut dibuat di minggu ke 4 atau bulan Januari tahun 2022.

Ban mempunyai indikator untuk menunjukkan keausan alur ban (TWI =Tread Wear Indicator) dengan penanda segitiga “?” pada dinding samping ban. Jika salah satu indikator keausan terlihat di permukaan, maka alur ban hampir tidak dapat berfungsi drainase dalam cuaca hujan.

Memeriksa tekanan ban dapat dilakukan dalam kondisi dingin dengan menggunakan alat cek tekanan ban (tire pressure gauge). Pastikan tekanan angin ban sesuai ukuran dan tipe motor digunakan ya. Tekanan udara ban yang ideal akan menjaga kestabilan dan kenyamanan, khususnya saat kecepatan tinggi dan belokan, serta mengurangi usia ban. Nah demikian hal yang bisa Anda lakukan agar ban menjadi lebih awet dan performanya tetap terjaga.

comments

`