caption trialgame

Pastikan Cek 7 Komponen in Sebelum Mudik Dengan Motor Trail!

Wednesday, 20 April 2022

Pastikan Cek 7 Komponen in Sebelum Mudik Dengan Motor Trail!


Ada beberapa yang harus diperhatikan saat mempersiapkan motor trail yang dipakai untuk mudik, mulai dari ganti oli hingga melengkapi segala kelengkapan berkendara sesuai aturan, selain itu apa saja yang harus diperhatikan? Tenang kami bakal jabarkan satu persatu ya.

Pertama pastikan asupan bahan bakar dari tangki menuju ruang bakar dapat bekerja secara optimal, artinya tidak ada kerusakan atau kebocoran. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan melihatnya secara langsung, teliti apakah ada kerusakan atau kebocoran pada salurannya, serta periksa saringan bahan bakar apakah terdapat penyumbatan atau tidak. Tidak cuma itu, gejala kerusakan pada sistem bahan bakar juga dapat dirasakan dengan tetesan bensin ditambah bau bensin yang menyengat sehingga tanpa terasa bensin habis dengan sendirinya.

Berikutnya periksa saringan udara yang berfungsi menyaring udara kotor yang masuk ke ruang bakar. Saringan udara yang kotor khususnya akan mengurangi pasokan udara ke ruang mesin sehingga pembakaran tidak maksimal, alhasil tarikan terasa lebih berat dan membuat boros tentunya. Pastikan saringan udara  dalam keadaan bersih, tidak ada kotoran atau debu yang menempel, bila perlu ganti dengan yang baru agar tarikan sama tenaganya kembali prima.

Tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah komponen penyalur tenaga, periksa dari permukaan dan bentuknya. Cek gear set-nya rantainya sudah longgar kah atau gear-nya mulai lancip apa belum, kalau sudah tumpul berarti harus ganti.  Komponen lain yang harus dicek adalah piranti pengereman. Sebaiknya ganti kampas rem dengan yang baru karena melakukan perjalanan yang jauh dibutuhkan performa pengereman yang baik untuk memperlambat laju kendaraan.

Hal lain yang paling umum untuk dicek adalah pelumas mesin. Idealnya untuk motor, penggantian oli dilakukan setiap 2.500-3.000 km atau 2 bulan sekali tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu, mudahnya bisa melihat buku panduan servis motor.

Selain berguna untuk melumasi ruang mesin, oli juga berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin, hanya saja dalam jangka waktu yang lama tingkat kekentalan oli akan berubah apabila terus terkena panas. Pada saat yang bersamaan, akibat gesekan pada ruang mesin akan menimbulkan kerak, apabila jarang mengganti oli, hal yang timbul dari menumpuknya kerak adalah komponen yang ada pada blok mesin cepat aus atau jebol. 6. Sistem Kelistrikan

Selain komponen fast moving tadi, sistem kelistrikan pada motor juga wajib untuk dicek, pastikan segala komponen yang membutuhkan daya listrik berfungsi dengan baik.  Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, klakson nyala, lampu depan nyala, lampu sen nyala.

Dan yang terakhir cek kondisi ban, pastikan jangan sampai melewati batas tread wear indicator (TWI) atau indikator keausan ban.  Cara mengeceknya juga mudah tinggal lihat pada indikator ban berbentuk segitiga di samping band moro. Jika permukaan ban sudah menyentuk indkator tadi, maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru.

comments

`