caption trialgame

Payakumbuh Bangun Sekolah Motor Trail

Thursday, 5 November 2020

Payakumbuh Bangun Sekolah Motor Trail


Kendati belum terlalu banyak pebalap Indonesia yang unjuk gigi di kompetisi dunia, namun harus diakui bahwa negara ini tidak pernah kehilangan bibit-bibit potensial dari dunia otomotif termasuk motor trail. untuk motor trail memang grasstrack dan motocross masih yang paling populer karena peminatnya yang selalu bertambah. Nah jika bibit-bibit muda ini tidak terarah, bukan prestasi yang dihasilkan malah hal-hal negatif. Untuk itulah diperlukan pembinaan yang tepat untuk mengolah potensi mereka.

Salah cara untuk mengolah potensi adalah dengan mendirikan beragam sekolah motor trail di seluruh penjuru Indonesia dan salah satu daerah yang terbaru mendirikan sekolah motocross adalah Payakumbuh, Sumatera barat.

Sejak 3 bulan lalu, 11 crosser pemula mengikuti pelatihan yang diberikan oleh, Yanto Tuah, salah satu crosser lokal kawakan.  Namun hingga saat ini mereka masih berlatih dengan fasilitas yang seadanya. Menurut rencana, kedepannya mereka juga akan membangun lintasan offroad permanen yang bisa digunakan oleh para siswa yang belajar di tempat ini. Lokasinya berada di Jorong Pogang, Kenagarian Taeh Bukik, Kabupaten Limapuluh Kota. Tak jauh dari pusat kota Payakumbuh, sekitar 7 km.  menurut rencana, lintasan yang berada di lahan seluas  7 hektar ini akan memiliki panjang lintasan sejauh 1,2 km dan diberi nama Sirkuit Tanjuro.

Selanjutnya tinggal persiapan untuk mendirikan sekolah motocross sesuai dengan yang diharapkan. Fasilitas yang kurang, perlu ditambah. Trek yang belum sempurna, diperbaiki. Termasuk sarana penunjang lainnya.

Lantas bagaimana dengan animo masyaratkan setempat? Ternyata antusiasme warga terhitung luar biasa. Sejak tahun 2006, daerah ini sudah menggelar kejuaraan grasstrack dan motocross, meskipun hanya berlevel lokal saja. Tidak heran jika kemudian bermunculan beberapa tim balap motocross di daerah ini.

Tentu saja impian tertingginya adalah para pebalap dari Sumatera Baret bisa berbicara di ajang kompetisi nasional, serta sirkuit Tanjuro bisa menjadi venue salah satu perhelatan kejuaraan nasional.  Dengan semakin maraknya kompetisi di daerah tentu saja diharapkan bakal hadir para pebalap kelas dunia dari Indonesia.

comments

`