caption trialgame

Pedoman Tepat Penggantian Oli Mesin

Saturday, 31 August 2019

Jika Anda pemilik motor trail yang bertanggung jawab, pasti sudah mengetahui bahwa mengganti oli mesin secara berkala merupakan hal krusial bagi mesin. Maklum saja fungsi oli amat krusial bagi kinerja mesin, karena berfungsi sebagai pelumas agar mesin bisa bekerja tanpa gangguan.

Pada oli juga terkandung lapisan-lapisan halus, yang mencegah benturan dan goresan antar logam pada komponen mesin. Tentu sebelum mengganti oli Anda juga harus mengetahui spesifikasi oli yang sesuai dengan mesin motor trail yang Anda miliki.

Cara paling mudah tentu dengan membaca buku pedoman pemilik motor, karena disitu biasanya tertulis spesifikasi oli yang cocok. Tapi, biasanya untuk motor trail keluaran terbaru, pabrikan menyarankan untuk menggunakan oli dengan viskositas yang rendah. Hal ini diakibatkan karena mesin motor sekarang sudah diproduksi dengan teknologi canggih, sehingga lebih presisi dan jarak antar komponen jadi lebih rapat, jadinya butuh pelumas yang encer. Pelumas yang encer akan lebih mudah masuk ke celah antar komponen yang sempit.

Oh iya sebaiknya penggantian oli dilakukan saat mesin motor dalam kondisi hangat ya karena, oli di dalam mesin masih encer dan lebih mudah ditekan keluar mengunakan udara kompresor. Tidak disarankan mengganti oli pada saat mesin terlalu panas atau dingin, jadi lebih bagus kalau tunggu kondisi mesin hangat alias tidak terlalu panas.

Jika dalam kondisi mesin dingin, oli akan lebih kental sehingga lama untuk terkurasnya. Sementara saat panas, bahaya buat bagian baut pembuangan olinya. Biasanya akan gampang gugus di ulir baut olinya alias slek. Nah, kalau baut oli yang slek dipaksakan untuk dipasang, nantinya oli mesin malah bocor dari sela-sela baut tersebut. Jadi, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum mengganti oli mesin motor ya. Lantas berapa lama harus menunggu hingga mesin hangat? Karena suhu lingkungan juga berpengaruh pada mesin maka sebaiknya ditunggu hingga di bawah suhu kerja mesin yaitu 60 derajat celsius.

Oh iya penggunaan kompresor saat mengganti oli sah-sah saja ya, karena mengeluarkan oli dari dalam mesin lebih mudah dengan menggunakan bantuan kompressor udara. Banyak yang berpendapat bahwa pada tabung penyimpanan angin kompresor itu pasti ada air, nah saat bak oli disemprot sama angin kompresor, sedikit demi sedikit air akan masuk. Idealnya memang mendiamkan motor hingga oli mengalir keluar dengan sendirinya tapi menggunakan kompressor tidak diharamkan lho saat penggantian oli.

comments

`