caption trialgame

Pelek Motor Trail Harus Sering Di Setting Lho

Monday, 23 October 2023

Pelek Motor Trail Harus Sering Di Setting Lho


Velg atau yang biasa di sebut pelek di Indonesia, merupakan salah satu komponen motor yang wajid Anda perhatikan kondisinya. Saat ini ada tiga jenis pelek yang lazim digunakan pada motor, yaitu pelek jari jari atau spoke wheels, pelek stengah lingkaran atau U Shape Rim dan pelek racing atau cast wheel.

Nah pelek jari-jari merupakan pelek yang dipercaya memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik. Coba saja perhatikan motor jenis enduro dan motorcross yang keduanya sama-sama menggunakan pelek jari-jari. Namun tahukah? Ketahanan pelek jari-jari bukan tanpa sebab. Karena apabila ingin memiliki pelek jari-jari yang awet, Anda harus menjaga dan merawat pelek tersebut. Lalu bagaimana caranya? Salah satu cara menjaga ketahanan dan kekuatan pelek jari-jari ialah dengan rutin men-setting pelek jari-jari.

Salah satu cara menjaga ketahanan dari pelek jari-jari adalah dengan rutin menyetelnya. Sebenarnya tidak ada patokan setiap berapa lama kita harus menyetel pelek jari-jari, namun biasanya tidak lebih dari 6 bulan sekali kita harus menyetel pelek jari-jari kendaraan. Apalagi jika rutinitas sehari-hari menggunakan motor trail dan sering melintasi jalanan yang rusak, berlubang dan bergelombang.

Selain menyetel pelek, alangkah baiknya jika kita berkendara secara baik dan benar. Kurangi kebiasaan sering menghantam lubang dengan kecepatan tinggi. Walaupun Anda ketahui, menghindari lubang memang rasanya sulit, melihat kondisi jalan yang dilalui hampir susah untuk ditebak. Tapi paling tidak Anda bisa berkendara secara bijak dan cerdas. Mengapa demikian? Karena gaya berkendara juga menjadi salah satu faktor yang membuat pelek mudah peyang.

Selanjutnya, apakah pelek jari-jari yang bermasalah bisa dideteksi secara langsung? Jawabnya tentu saja bisa. pelek jari-jari yang bermasalah biasanya dapat kita rasakan ketika kita mengendarai sepeda motor tersebut. Laju sepeda motor akan terasa oleng seperti tidak stabil.

Selain itu, kita juga dapat melihat dengan kasat mata jika pelek sudah bermasalah. Biasanya bentuk pelek jari-jari pada umumnya akan berubah bentuk jika bermasalah. Jika sudah demikian, sebaiknya langsung men-setting pelek tersebut atau mendatangi bengkel kepercayaan masing-masing. Jangan menunggu hingga kenyamanan dan keselamatan berkendara hilang. Karena menyepelehkan hal seperti itu sangat tidak disarankan.

comments

`