caption trialgame

Pemula Wajib Baca Biar Ngga Grogi Trabasan!

Thursday, 11 March 2021

Pemula Wajib Baca Biar Ngga Grogi Trabasan!


Buat para pemula yang lagi bingung waktu pertama kali diajak trabasan, jangan khawatir kami bakal kasih trik khusus untuk menerabas medan offroad, apalagi ketika dihadapkan pada medan berbukit, yang memiliki variasi tanjakan dan turunan. Menguasai tata cara berkendara di jalur terabas dengan baik, maka Anda dapat melewatinya dengan mudah dan aman.

Lintasan berkarakter tanjakan dan turunan sering ditemui ketika menjelajahi trek off road. Dengan mempraktikkan teknik berkendara yang tepat maka trabasan  dapat dilakukan dengan lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Untuk jalanan menanjak, posisi disarankan berdiri terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi agar menghindari motor terbalik. Jika tanjakannya tidak ekstrem, diperbolehkan posisinya duduk.  Ketika berdiri, badan melewati posisi stang. Sementara posisi kedua kaki tetap menjepit bodi motor atau knee grip agar motor tetap stabil. Jangan lupa, tangan tetap memegang handle dengan kuat dan relaks agar motor mudah diarahkan. Selanjutnya gunakan gear dan rpm yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati.

Yang harus dihindari adalah mengerem dengan keras, baik rem depan atau belakang. Ini bertujuan untuk menjaga rpm dan kecepatan yang baik. Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas atau gunakan tenaga inersia motor. Hindari gas terbuka penuh ini karena akan membuat motor trail mudah jumping.

Nah sementara itu untuk jalan menurun, posisi badan agak condong ke belakang terutama saat melewati jalan menurun yang curam untuk menghindari motor terpelanting ke depan atau stoppie. Sebaliknya, apabila jalannya mulus bisa sambil duduk. Tapi jika jalan rusak agak diangkat sedikit dari jok agar guncangan tidak sampai badan. Kemudian posisi tangan agak lurus dan relaks. Sedangkan posisi kaki mendekap bodi motor dan berat pengendara ditumpu di kaki agar keseimbangan tetap terjaga.

Gunakan gear yang tepat dan hindari penggunaan rem yang keras dan tiba-tiba agar tidak mudah slip dan terjatuh. Namun yang yang terpenting adalah kenali jalur dan karakter motor Anda dengan cepat sehingga lebih memudahkan dan membuat aman ketika melewati jalur yang mudah maupun sulit.

comments

`