caption trialgame

Pengecekan Visual Setelah Lomba Motor Trail

Monday, 12 August 2019

   Lomba motor trail semakin marak digelar di tanah air. Beragam jenis kompetisi marak digelar oleh para penyelenggara untuk mencari yang terbaik di kelasnya. Nah bagi Anda yang rajin berpartisipasi dalam beragam lomba, perawatan motor trail yang rutin akan berdampak pada performa terbaik dan mencegah motor trail mengalami beragam masalah ketika balapan.

   Ada berberapa perawatan yang harus segera Anda lakukan setelah menyelesaikan lomba. Pengecekan visual pada motor trail Anda setelah selesai berlomba bisa menjadi cara deteksi dini mengenai masalah yang ada di tunggangan kesayangan Anda. Nah apa saja sih hal-hal yang harus diperiksa setelah selesai turun dalam sebuah lomba? Simak ulasannya ya.

   Yang pertama adalah mengecek mur dan baut pada motor trail Anda. Mur dan baut tidak akan terlepas dan jatoh ketika Anda memanaskan motor trail di garasi, namun saat mengendarai motor trail dengan agresif dan melewati beragam rintangan di atas lintasan, ada beberapa dari komponen itu yang longgar dan kadang terlepas dari tempatnya.

   Anda mungkin tidak menyadarinya ketika sedang berlomba, dan bisa menyelesaikan lomba tadi meski kehilangan satu atau dua buah mur dan baut. Namun jika Anda tidak segera menggantinya sudah pasti akan berpengaruh pada performa motor trail. Ukuran mur dan baut yang terhitung kecil, kadang luput jika sedang melakukan perawatan rutin, untuk itu segera lakukan pengecekan dan penggantian setelah selesai berlomba.

   Setelah itu lakukan pemeriksaan pada rantai dan gir motor trail Anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah tingkat keregangannya masih ideal. Jangan lupa untuk melihat apakah ada hal-hal yang tidak biasa yang biasanya terjebak di antara mata rantai seperti kayu, batu atau kerikil. Perhatikan apakah mata gir motor trail Anda masih dalam keadaan lancip dan tidak tumpul.

   Jangan lupa juga untuk mengecek apakah ada kebocoran pada motor trail Anda. Menentukan sumber titik kebocoran lebih mudah dilakukan ketika kondisi mesin masih panas. Hal ini karena oli lebih encer dalam kondisi panas, dan mudah dideteksi. Dalam hitungan menit biasanya titik kebocoran sudah bisa ditemukan. Oli akan menggumpal dan bercampur kotoran dari dalam mesin ketika kondisinya mendingin. Saat itu Anda akan sulit menentukan asal dari kebocorannya. Selain mesin ada beberapa komponen yang Anda bisa cek untuk kebocoran seperti transmisi, fork, radiator dan rem.

   Nah jika semua hal di atas sudah Anda lakukan, segeralah mencuci motor trail Anda. Membiarkan motor trail yang kotor selama beberapa jam akan membuat beragam hal yang menempel seperti lumpur dan kotoran lain menjadi lebih sulit dibersihkan. Apalagi jika Anda membiarkannya sampai keesokan harinya. Jika tidak memungkinan untuk mencuci bersih, setidaknya semprot dengan menggunakan air bertekanan tinggi, untuk merontokan semua kotoran yang menempel.

comments

`