caption trialgame

Pengguna Trail Harian, Wajib Baca 'Rules' Berikut!

Tuesday, 9 February 2021

Pengguna Trail Harian, Wajib Baca 'Rules' Berikut!


Mengendarai motor trail memang selalu menyenangkan, sebab performa motor-motor jenis ini biasanya di atas rata-rata motor harian. Hanya saja mengendarai motor trail itu gak segampang naik skuter matik yang tinggal gas-rem saja. Sebab Anda harus harus memainkan kopling untuk memindahkan gigi. Agak repot memang, tapi akan menyenangkan kalau sudah terbiasa.

Buat yang sudah terbiasa, memang hal ini tidak ada yang luar biasa. Tapi bagi yang biasa mengendarai motor matik, tentu akan menjadi lompatan yang cukup signifikan. Apalagi ada perbedaan mendasar dari prinsip mengendarai motor trail. kami akan berikan sedikit panduan, mengenai cara berkendara dengan menggunakan motor kopling. Simak ulasannya ya.

Langkah pertama adalah menyalakan mesin motor terlebih dahulu, tentu saja. Biarkan beberapa saat sampai suara mesin terdengar halus. Pastikan gigi dalam kondisi netral. Caranya bisa melihat di panel speedometer. Gigi netral umumnya ditandai dengan lampu berwarna hijau. Setelah itu tarik tuas kopling lalu tahan. Kemudian masukkan gigi 1 sambil tetap menahan tuas kopling.

Setelah masuk gigi 1, kemudian puntir sedikit tuas gas sambil melepaskan tuas kopling secara perlahan. Motor akan mulai berjalan. Pertahankan laju motor dengan melepas tuas kopling secara gradual sambil tetap mempertahankan putaran gas. Ulangi dua step di atas sampai Anda benar-benar paham cara kerja motor kopling. Untuk memindahkan ke gigi 2,3,4 dan seterusnya, Anda hanya perlu menarik penuh tuas kopling sambil memindahkan gigi.

Oh iya jangan lupa untuk mengenal urutan gigi transmisi motor yang Anda gunakan. Ketika memindahkan gigi transmisi, Anda perlu memperhatikan transmisi apa yang digunakan motor Anda. Saat ini, sebagian besar motor kopling menggunakan transmisi jenis percepatan 5 dan 6. Adapun gigi yang digunakan adalah posisi gigi (1-N-2-3-4-5-6) atau gigi (1-N-2-3-4-5). Ketika menurunkan atau menaikkan gigi transmisi, tekanlah tuas kopling. Kemudian, lepaskan tuas tersebut secara perlahan. Sembari melepaskan kopling, lakukan penarikan tuas gas.

Ada beberapa poin penting yang perlu diingat pengendara motor kopling pemula. Yang pertama adalah  motor tidak akan melaju selama tuas kopling ditarik penuh, meski Andau memutar gas secara penuh. Kemudian  perpindahan gigi dilakukan dengan menarik tuas kopling terlebih dahulu. Dan yang paling penting adalah  jangan pernah melepas tuas kopling secara mendadak karena itu akan membuat motor lompat atau menghentak.

comments

`