caption trialgame

Pentingnya Defensive Riding!

Friday, 27 August 2021

Pentingnya Defensive Riding!


Semakin maraknya peredaran motor trail di Indonesia bisa terlihat dari semakin banyaknya pengendara motor trail yang menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, motor trail dual sport sudah semakin sering terlihat lalu lalang di jalan raya kota-kota besar.

Nah bagi Anda yang mengendarai motor trail untuk kegiatan harian, tentu amat penting untuk mengedepankan cara berkendara yang aman. Sebab, berkendara menggunakan motor tidak terlepas dari resiko kecelakaan di jalan raya. Saling menghargai sesama pengguna jalan raya umum perlu diutamakan, agar terhindar dari risiko kecelakaan di jalan.

Salah satu faktor penyebab kecelakaan yang paling dominan adalah faktor pengendara sendiri, di mana salah satunya adalah seorang pengendara sepeda motor kurang menguasai teknik pengendalian sepeda motor yang baik dan aman. Tentu Anda sudah familiar dengan istilah safety riding bukan? intinya dari safety riding adalah bagaimana Anda dapat terhindar dari risiko kecelakaan di jalan raya. Nah tapi apakah Anda sudah familiar dengan istilah defensive riding?

Defensive riding adalah sebuah teknik atau cara di mana pada saat Anda akan bergerak mengendalikan sepeda motor dengan terlebih dahulu melihat situasi sekitarnya. Setelah itu, ambil tindakan sesuai etika atau aturan yang berlaku dan setelah itu operasikan sepeda motor sesuai kebutuhan.

Mengendalikan motor dengan teknik defensive riding ini banyak sekali contohnya, seperti bergerak pindah dari kiri ke kanan atau sebaliknya di jalur yang sama. Sebelum bergerak, terlebih dahulu menyalakan lampu sein dan lihat situasi kiri kanan anda apakah ada jarak atau tidak. Setelah dianalisa situasinya aman dan ada jarak dengan kendaraan lain, maka baru bergerak ke arah yang akan dituju. Tidak disarankan bergerak dulu setelah itu melihat situasi, karena itu namanya memotong kendaraan lain dan akan beresiko bertubrukan.

Inti dari defensive riding ini adalah sebuah etika berkendara sepeda motor. Demi keselamatan bersama di jalan raya, alangkah bijaknya dalam berkendara terlebih dahulu untuk menganalisa situasi, mengambil keputusan sesuai etika, dan operasikan sepeda motor sesuai kebutuhan. Defensive riding perlu dijadikan kebiasaan agar terhindar dari risiko kecelakaan. Sebab, lalu lintas jalan raya umum semakin padat dan keselamatan jadi hal yang nomor satu.

comments

`