caption trialgame

Penyakit Kambuhan Motor Trail Berkaburator

Saturday, 22 February 2020

Industri otomotif Indonesia mulai membanjiri pasar dengan beragam pilihan motor trail terbaru yang tentu saja telah menggunakan dukungan teknologi terbaru. Tapi bukan berarti bahwa pengguna motor trail dengan sistem karburator mulai berkurang. Masih banyak para praktisi serta penghobi motor trail yang memilih motor trail dengan sistem karburator. Beragam alasan dari mulai alasan finansial, sampai yang teknis menjadi alasan mereka menggunakan motor trail berkarburator.

Kendati demikian, motor trail berkaburator ini ternyata memiliki penyakit kambuhan yang biasanya sering terjadi lho, yaitu karburator banjir. Kondisi ini memiliki arti bensin yang ada di dalam karburator meluap.Karburator pada dasarnya sebagai tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara sehingga nantinya akan menjadi kabut, kemudian pembakaran terjadi di ruang silinder.

Nah penyebab Karburator banjir sih biasanya karena faktor usia motor trail yang sudah cukup uzur dan pemiliknya malas atau lalali melakukan perawatan rutin pada sistem ini. Jika sudah mengalami masalah seperti ini, apa sih yang harus Anda lakukan?

Pertama-tama adalah mengecek bagian Needle Valve.Fungsi Needle Valve itu sendiri sebagai pengatur buka tutup aliran bensin dari tangki ke karburator.Needle Valve sendiri terletak di bagian bawah karburator dan terhubung langsung dengan pelampung. Biasanya katup pelampung yang mengatur aliran bensin tidak menutup dengan sempurna.

Setelah itu lepas karburator dari intake manifold, kemudian melepas kabel cuk dan kabel gas.Jika motor trail Anda menggunakan filter udara, sebaiknya di lepas terlebih dahulu agar leluasa saat membongkar karburator.Setelah itu lepas baut yang berada di bagian bawah karburator menggunakan obeng plus.

Selanjutnya jika bagian bawah karburator sudah terbuka, pelampung yang berbahan plastik putih akan terlihat. Tarik keluar pen yang ada di pelampung. Nanti pelampung dan Needle Valve akan lepas secara bersamaan . Setelah itu atur besi tempat Needle Velve berada. Bisa Anda bengkok kan ke atas atau kebawah sampe bisa menutup sempurna.

Jika sudah dirasa cukup, pasang kembali pelampung beserta Needle Valve.Sebelum menutup bagian bawah karburator, sebaiknya lakukan pengecekan ulang.Pengecekan bisa di lakukan dengan cara meniup lubang tempat masuk bensin ke karburator.

Kemudian gerakan pelampung ke atas dan ke bawah, pastikan saat pelampung berada di bawah Needle Valve terbuka penuh, dan saat pelampung di atas Needle Valve bisa menutup secara sempurna.Sebelum memasang karburator ke intake manifold sebaiknya melakukan pembersihan terlebih dahulu, terutama pada bagian spuyer agar bersih dari kotoran. Jika dirasa tidak yakin, jangan khawatir, bawa saja ke bengkel terdekat, perbaikan jenis ini terhitung perbaikan ringan yang biasanya tidak banyak menyita waktu dan biaya

comments

`