caption trialgame

Penyebab Kurang Tenaga Lahap Tanjakan Panjang

Thursday, 12 March 2020

 

Nafsu besar tenaga kurang, hal ini biasanya sering terlihat saat Anda sedang asyik berpetualang di medan offroad. Sebuah bukit dari kejauhan tampak menantang untuk ditaklukan, tanpa ragu Anda mengarahkan motor trail dan memulai jalur pendakian. Tapi makin lama Anda merasa motor Anda seolah tidak bertenaga, sementara gas sudah dibetot habis.

Hal seperti ini sering terjadi dan biasanya ada beberapa hal yang mengakibatkan motor trail tidak bisa menaklukan tanjakan panjang. Ketidakmampuan motor trail untuk menaklukan medan menanjak bukan melulu disebabkan oleh mesin yang kurang besar, ada beberapa bagian motor trail yang perlu Anda perhatikan , yang pertama kali Anda harus cek adalah kondisi rantai dan gir. Dua komponen ini jika sudah tidak layak pakai akan membuat performa motor menjadi tidak maksimal.

Rantai yang kendor serta gir yang sudah mulai tumpul akan membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak tersalurkan dengan optimal ke roda bagian belakang. Untuk mendapatkan daya gerak yang lebih besar , kami sarankan untuk mengganti gir depan dengan ukuran yang lebih kecil dan gir belakang dengan ukuran yang lebih besar.

Mesin motor membentuk energi dan tenaga dorong yang dihasilkan melalui pembakaran bahan bakar. Apabila proses pembakaran bahan bakar ini bermasalah dapat menjadi penyebab tarikan motor berat. Tarikan motor yang berat dapat memicu kurangnya tenaga saat motor digunakan untuk menanjak.

Nah proses pembakaran yang tidak optimal tersebut dapat disebabkan karena adanya kerusakan beberapa komponen seperti karburator. Komponen ini berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dengan udara pada jenis mesin motor karbu ini dapat mengalami masalah seperti kemasukan air, tersumbat oleh kotoran. Pembersihan pada komponen karburator ini dapat menjadi solusi yang tepat.

Pada motor trail yang menggunakan mesin injeksi sebaiknya perhatikan juga kondisi fuel pump. Komponen ini memompa bensin ke dalam injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran. Permasalahan pada fuel pump ini dapat terjadi apabila cara merawat motor injeksi tidak dilakukan dengan benar. Tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar sehingga tenaga yang dihasilkan akan sangat minim sehingga sangat akan menimbulkan motor kurang tenaga di tanjakan.

Jangan lupa untuk mengecek filter udara, Filter yang jenuh dan rusak dapat menyebabkan debu debu kecil masuk kedalam yang bila dibiarkan akan menghasilkan kerak sumbatan. Kerak sumbatan tersebut dapat menyebabkan aliran udara menjadi kurang optimal dan proses pembakaran akan menjadi bermasalah. Pembersihan komponen filter udara secara rutin dapat mencegat terjadinya permasalahan teknis ini.

comments

`