caption trialgame

Penyebab Mesin Ngempos Saat RPM Tinggi dan Rendah

Thursday, 6 August 2020

Penyebab Mesin Ngempos Saat RPM Tinggi dan Rendah


Walau tidak banyak, pasti ada diantara Anda yang pernah mgenalami kondisi motor trail ngempos saat digas. Hal ini terjadi karena mesin motor trail Anda kehilangan tenaga.Umumnya masalah utama dari motor ngempos ini disebabkan oleh pembakaran di ruang mesin yang kurang sempurna.Alhasil saat menarik gas, bukannya tenaga mesin yang meningkat, justru malah kehilangan tenaga dan loyo. Dampaknya tentu terasa mesin tidak bertenaga.  Kendala motor ngempos tentunya tak bisa dipandang sebelah mata.

Nah jika motor trail Anda terasa ngempos saat berada di RPM tinggim biasanya hal ini disebabkan karena kondisi karburator yang bermasalah.  Efeknya, ketika motor diajak lari tiba-tiba ngempos. Terlebih ketika motor berlari di RPM tinggi, mesin tak mau teriak pada putara mesin, seakan seperti bensin yang mau habis (hanya bisa stasioner saja).

Masalah ini biasanya timbul secara dadakan. Jika motor berlari di RPM tinggi dan kemudian brebet dan mesin tak mau teriak pada putaran tinggi seperti suara bensin mau habis seperti dalam kondisi stasioner. Para penggemar motor trail atau supermoto yang bisa ngajak touring jarak jauh motor mereka biasanya sering mengalami hal ini.

Lalu bagaimana cara menanganinya? Langkah pertama Anda bisa membuka karet filter atau copot dan putar kesamping, hingga mulut karburator terlihat. Kemudian tutup mulut karburator dengan tangan tapi jangan terlalu rapat. Kemudian langkah berikutnya adalah stater atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.

Langkah selanjutnya Anda bisa nyalakan mesin dan pelintir gas secara langsam. Bila masih terasa tersendat tutup mulut karburator dalam keadaan mesin masih hidup.Dengan menutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah). Sekarang coba pelintir lagi gas secara langsam. Jika brebet sudah hilang, dipastikan jeroan karburator motorm Anda mulai kotor. Jika ini terjadi segera ke bengkel untuk membersihkan karburator, agar kinerja mesin bisa kembali sempurna.

Motor dalam kondisi mesin yang baik, biasanya ketika digas dan masuk gigi, maka motor akan langsung melaju tanda adanya kendala. Hal ini tidak akan terjadi ketika mesin mengalami masalah. Tapi ada kondisi mesin ngempos di putaran bawah juga bisa terjadi lho. Saat gas dibetot, dalam beberapa detik tidak terasa gejala pembakaran, yang ditandai dengan hilangnya tenaga secara tiba-tiba.

Ada sejumlah penyebab yang mengakibatkan motor ngempos di putaran bawah, seperti karburator kotor, filter udara yang juga kotor, hingga percikan api yang tidak sesuai standar.Masalah motor ngempos di putaran bawah bisa disebabkan oleh filter udara yang kotor, atau tersumbat. Sehingga udara tidak lancar masuk ke ruang bakar.Soal pengapian, lebih spesifik masalahnya terletak di sepul yang sudah lemah. Sepul sendiri berfungsi sebagai pusat api, bila terjadi masalah pengapian motor tidak akan berjalan sempurna.

 

Kendala motor digas ngempos di putaran bawa bisa disebabkan oleh pilot jet, atau komponen yang berfungsi mengalirkan bahan bakar saat rpm bawah hingga menengah. Kalau pilot jet sudah banyak kotoran, maka suplai bahan bakarnya pun terganggu.Cara mengatasi motor ngempos di putaran bawah ini,  Anda bisa mengganti pilot jet. Harga untuk pilot jet baru masih cenderung terjangkau.

comments

`