TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Peran Vital Oli Samping Pada Motor Trail 2-Tak!

Teknis Kendaraan 26.10.2021

Peran Vital Oli Samping Pada Motor Trail 2-Tak!


DI Indonesia ada dua jenis mesin yang biasa digunakan pada motor trail yaitu 2-tak dan 4-tak. Kendati jenis motor trail terbaru biasanya menggunakan mesin 4-tak namun motor dengan mesin 2- tak atau 2 stroke hingga saat dianggap sebagai teknologi mesin terbaik yang pernah diciptakan.

Mesin atau engine 2- tak mampu mengkombinasikan kubikasi yang kecil dan tidak terlalu besar. Namun mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kebanyakan mesin 2-tak disematkan pada banyak kendaraan bermotor yang memiliki perfoma yang tinggi. Disebut dengan mesin 2 langkah karena proses hisap dan buang yang terjadi didalam mesin 2-tak hanya terjadi sebanyak 2 langkah saja. Ketika piston mengalami satu kali putaran yaitu berada dibawah, dan kemudian naik keatas maka satu sirklus hisap dan buang sudah selesai.

Hal ini berbeda dengan mesin 4 -tak yang membutuhkan 4 proses dalam satu sirklus. Proses sirklus yang berbeda ini pula yang membuat silinder blok dari mesin 2-tak pun berbeda. Pada mesin 2-tak lubang buang dan lubang hisap berada pada boring atau blok silinder, dan bukan ditentukan oleh klep seperti pada mesin 4 langkah.  Karena perbedaan struktur mesin dan juga langkah piston inilah, 2- tak mampu memiliki sistem pelumasan yang berbeda pula. D

Nah dalam mesin 2-tak terdapat dua jenis Oli yakni oli mesin dan oli samping. Oli mesin merupakan jenis oli yang sama seperti yang digunakan pada mesin 4 -ak pada umumnya. Namun demikian, oli mesin yang digunakan pada mesin 2-tak ini hanya melumasi bagian transmisi saja dan tidak ikut melumasi bagian silinder seperti pada mesin 4-tak pada umumnya. Maka dari itu, biasanya oli mesin pada mesin 2-tak jarang sekali diganti, karena memiliki beban kerja yang sangat ringan dan tidak harus menghadapi gaya gesek yang berat.

Lantas bagaimanakah bagian silinder motor 2-tak bisa memperoleh pelumasan ? Jawabnya dengan menggunakan oli samping atau oli 2T. Disebut dengan oli samping, karena biasanya tabung yang digunakan untuk menyimpan oli 2T ini berada dibagian samping motor. Karena bagian silinder mesin 2-tak yang ikut melakukan proses hisap dan juga buang, maka secara otomatis oli samping yang ikut melumasi bagian silinder akan ikut terbakar dan akan habis, sehingga perlu diganti secara rutin untuk mengoptimalkan pelumasan.

Oli samping bahkan digadang-gadang sebagai nyawa bagi motor dengan mesin 2- tak. Hal ini disebabkan karena oli samping merupakan oli yang ikut terbakar dan juga akan habis. Sehingga ketika oli samping sudah habis otomatis proses pelumasan pada piston tidak akan terjadi. Hal ini tentu akan membuat piston menjadi macet dan akhirnya akan merusak bagian dinding silinder. Oleh sebab itu oli samping memiliki peranan vital pada mesin  2-tak.

 

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Effort Besar Bersihkan Lumpur Pasca..

Musim hujan emang paling asyik nih buat trabasan. Cuaca yang gloomy mendung bikin adem saat melintas medan offroad. Tanah basah,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Geliat Pasar Helm High Super..

Teknologi yang semakin maju, telah merambah ke perlengkapan berkendara motor. Gak percaya? nih buktinya, produsen helm terkenal asal Jepang, Shoei,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Lakukan Ini Jika Ingin Velg..

Meski hampir semua model motor kini menawarkan velg casting karena praktis tetapi motor trail tetap menggunakan velg jari-jari. Motor trail...