TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Perhatikan Hal ini Sebelum Turun Mesin?

Tips & Tricks 28.04.2019

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan turun mesin atau servis besar pada motor trail Anda,  alangkah bagusnya untuk memilah-milah bengkel yang mengerjakannnya. Maklum saja, proses perbaikan mesin dengan cara turun mesin memerlukan ketelitian mekanik, serta alat dari bengkel yang menunjang lho. 

Dalam urusan bongkar pasang mesin motor pasti semua mekanik paham. Tapi apa semua mekanik tahu tentang torsi pengencangan baut? Torsi pengencangan baut atau mur di sini merupakan ukuran ideal bagi part tersebut untuk mengencangkan sesuatu. Sebenarnya tidak hanya itu, drat yang saling bergesekan saat dikencangkan membuat gesekan.

Bila mur atau baut dikencangkan lebih dari ukuran yang sudah diset pastinya umur baut atau mur itu tidak akan awet. Begitu juga di bagian mesin motor. Baut- baut dibagian mesin riskan terhadap kekencangannya, seperti pada mur atau baut silinder blok.

Pada mesin 4-tak biasanya mur dan baut disini sebagai pengencang antara blok silinder dan head silinder.  Untuk mengencangkan baut atau mur di blok mesin,  wajib menggunakan kunci torsi. Karena tekanan di semua bautnya harus sama untuk menghindari bocor kompresi atau part lainnya bermasalah.  Jika pengencangan murnya tidak merata dan ukurannya tidak sesuai dengan torsi pengencangan, maka bisa berakibat fatal sampai merusak noken as. 

Ukuran pengencangan yang tidak standar membuat tekanan pada bearing noken as. Hal ini bisa dirasakan putaran noken as tidak lancar karena tekanan tersebut. Bila dilakukan pengencangan yang asal-asalan bukan tidak mungkin mesin tersbeut bermasalah bahkan bisa jebol. Sementara untuk pandut torsi pengencangan bisa dilihat pada buku service manual. Untuk ukurannya ikuti saja yang sudah di tentukan pabrikan karena itu ukuran yang paling pas.

Nah, alat untuk untuk pengencangan torsi baut pun sebenarnya sudah banyak kok dijual dipasaran. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai ratusan ribu sampai jutaan.  Jika bengkel hanya memiliki peralatan ala kadarnya, bukan tidak mungkin motor trail Anda yang tadinya ingin diservis, malah tambah rusak.  Jadi teliti dulu ya sebelum memutuskan bengkel terbaik untuk perawatan motor trail Anda. 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Effort Besar Bersihkan Lumpur Pasca..

Musim hujan emang paling asyik nih buat trabasan. Cuaca yang gloomy mendung bikin adem saat melintas medan offroad. Tanah basah,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Geliat Pasar Helm High Super..

Teknologi yang semakin maju, telah merambah ke perlengkapan berkendara motor. Gak percaya? nih buktinya, produsen helm terkenal asal Jepang, Shoei,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Lakukan Ini Jika Ingin Velg..

Meski hampir semua model motor kini menawarkan velg casting karena praktis tetapi motor trail tetap menggunakan velg jari-jari. Motor trail...