caption trialgame

Perhatikan Hal ini Sebelum Turun Mesin?

Sunday, 28 April 2019

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan turun mesin atau servis besar pada motor trail Anda,  alangkah bagusnya untuk memilah-milah bengkel yang mengerjakannnya. Maklum saja, proses perbaikan mesin dengan cara turun mesin memerlukan ketelitian mekanik, serta alat dari bengkel yang menunjang lho. 

Dalam urusan bongkar pasang mesin motor pasti semua mekanik paham. Tapi apa semua mekanik tahu tentang torsi pengencangan baut? Torsi pengencangan baut atau mur di sini merupakan ukuran ideal bagi part tersebut untuk mengencangkan sesuatu. Sebenarnya tidak hanya itu, drat yang saling bergesekan saat dikencangkan membuat gesekan.

Bila mur atau baut dikencangkan lebih dari ukuran yang sudah diset pastinya umur baut atau mur itu tidak akan awet. Begitu juga di bagian mesin motor. Baut- baut dibagian mesin riskan terhadap kekencangannya, seperti pada mur atau baut silinder blok.

Pada mesin 4-tak biasanya mur dan baut disini sebagai pengencang antara blok silinder dan head silinder.  Untuk mengencangkan baut atau mur di blok mesin,  wajib menggunakan kunci torsi. Karena tekanan di semua bautnya harus sama untuk menghindari bocor kompresi atau part lainnya bermasalah.  Jika pengencangan murnya tidak merata dan ukurannya tidak sesuai dengan torsi pengencangan, maka bisa berakibat fatal sampai merusak noken as. 

Ukuran pengencangan yang tidak standar membuat tekanan pada bearing noken as. Hal ini bisa dirasakan putaran noken as tidak lancar karena tekanan tersebut. Bila dilakukan pengencangan yang asal-asalan bukan tidak mungkin mesin tersbeut bermasalah bahkan bisa jebol. Sementara untuk pandut torsi pengencangan bisa dilihat pada buku service manual. Untuk ukurannya ikuti saja yang sudah di tentukan pabrikan karena itu ukuran yang paling pas.

Nah, alat untuk untuk pengencangan torsi baut pun sebenarnya sudah banyak kok dijual dipasaran. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai ratusan ribu sampai jutaan.  Jika bengkel hanya memiliki peralatan ala kadarnya, bukan tidak mungkin motor trail Anda yang tadinya ingin diservis, malah tambah rusak.  Jadi teliti dulu ya sebelum memutuskan bengkel terbaik untuk perawatan motor trail Anda. 

comments

`