Perhatikan Komponen Ini Pada Motor Trail Retro Ya
Motor trail retro memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan motor modern. Karena itu, beberapa komponen pada motor trail retro perlu mendapat perhatian ekstra agar performanya tetap terjaga. Berikut adalah beberapa komponen yang harus diprioritaskan dalam perawatan motor trail retro ya.
Untuk bagian mesin. Pastikan selalu menggunakan oli dengan spesifikasi yang tepat dan menggantinya secara berkala. Oli yang kotor atau sudah mengental dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal mesin. Ganti filter oli secara berkala bersamaan dengan penggantian oli. Karena filter oli berfungsi menyaring kotoran dalam oli
Untuk motor karburator, kebersihan karburator sangat penting. Kotoran pada karburator dapat mengganggu campuran bensin dan udara, sehingga mempengaruhi kinerja mesin. Cek juga sistem pendingin. Periksa kondisi radiator, selang-selang, dan kipas pendingin secara berkala, terutama jika motor sering digunakan dalam kondisi panas.
Untuk bagian sistem pengapian, yang pertama adalah cek kondisi busi ya. Busi yang kotor atau aus dapat menyebabkan mesin susah hidup atau tidak stabil. Ganti busi secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan. Pastikan juga koil berfungsi dengan baik. Koil berfungsi mengubah tegangan rendah menjadi tegangan tinggi untuk membakar campuran bensin dan udara. Pastikan koil dalam kondisi baik. Oh iya, jika motor Anda masih menggunakan sistem pengapian platina, pastikan platina terpasang dengan benar dan tidak aus.
Setelah itu cek bagian kelistrikan. Aki merupakan sumber tenaga listrik untuk semua komponen kelistrikan pada motor. Pastikan aki dalam kondisi prima dan terminal aki bersih. Jangan lupa untuk periksa kondisi kabel-kabel kelistrikan, pastikan tidak ada yang putus atau korsleting. Setelah itu lakukan pengecekan pada komponen stator dan rotor. komponen ini berfungsi menghasilkan arus listrik untuk mengisi aki dan menyalakan lampu. Pastikan keduanya dalam kondisi baik.
Lanjut ke sistem transmisinya, periksa kekencangan rantai secara berkala dan lumasi dengan pelumas rantai khusus. Rantai yang kendur atau kering dapat cepat aus dan menyebabkan kerusakan pada sprocket. Cek gearbox juga ya, pastikan gigi masuk dengan halus dan tidak ada suara berisik saat perpindahan gigi.
Jangan lupa untuk periksa ketebalan kampas rem secara berkala. Kampas rem yang tipis harus segera diganti untuk menghindari rem blong dan pastikan minyak rem dalam kondisi bersih dan tidak bocor. Ganti minyak rem secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan.
Yang terakhir adalah sistem suspensi. Periksa kondisi shockbreaker, pastikan tidak ada kebocoran oli dan per masih berfungsi dengan baik. Periksa juga kondisi bearing pada roda depan dan belakang. Bearing yang aus dapat menyebabkan suara berisik saat berkendara. Dengan memberikan perhatian khusus pada komponen-komponen di atas, Anda dapat menjaga sepeda motor trail retro Anda tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan saja.
Image credit : bikeexif.com