caption trialgame

Periksa Komponen ini Jika Stang Goyang

Saturday, 17 August 2019

Motor trail memang ditakdirkan untuk melibas medan-medan berat seperti jalan tanah, rute menanjak, medan berbatu atau jalan rusak. Ergonomi motor trail memungkinkan kendaraan ini bisa melahap beragam rintangan dengan lebih mudah dibandingkan motor lainnya.

Namun tentu seiring dengan sering digunakan, maka ada beberapa komponen motor trail yang mengalami penurunan. Nah salah satunya adalah stang atau handle bar. Akan ada sensasi seolah motor terasa berat atau bergoyang tidak stabil saat digunakan.

Jika kondisi ini terjadi tentu akan beresiko bagi para penggunanya. Nah ada beberapa komponen yang berhubungan dengan kondisi stang tadi. Kami akan menjelaskan masalah yang bisa menimpa pada komponen tadi sehingga stang Anda akan kembali seperti sedia kala.

1. Segitiga Dudukan Stang Kurang Sejajar
Penyebab yang pertama dikarenakan segitiga dudukan stang kurang sejajar antara suspensi kiri dan kanan. Jika hal ini terjadi, cara mengatasinya yaitu cukup dengan meluruskan kembali kedua garpu kanan dan kiri agar sejajar. Untuk mengetahui sudah sejajar atau tidaknya bisa menggunakan alat fuller, tapi lebih simplenya langsung dibawa tukang press saja.

2. Posisi Shockbeker Tidak Presisi
Penyebab Stang Motor Berat dan Goyang yang kedua karena posisi suspensi tidak presisi, biasanya suspensi yang tidak presisi atau lurus ini disebabkan karena motor pernah jatuh atau motor pernah melibas jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Untuk cara mengatasi shockbeker yang tidak presisi sebaiknya bawa dibengkel resmi motor atau tukang shockbeker

3. Komstir Longgar
Sebagai komponen yang berfungsi untuk memegang dalam pengendalian sudah barang tentu motor ini akan mengalami penurunan kinerja. Dan pada umumnya permasalahan yang seringkali dirasakan oleh motor yaitu komstir yang oblak yang mengakibatkan stang berat untuk dikendalikan dan stang goyang saat melaju pada kecepatan yang tinggi. Untuk cara mengatasi komstir oblak yaitu tentu saja dengan menggantinya dengan yang baru.

4. Bearing Roda Rusak
Bearing roda ini berada ditengah ban. Lalu untuk mengeceknya apakah bearing roda rusak atau tidak yaitu dengan membuka roda lalu melihat apakah ada bearing roda yang rusak, jika ditemukan ada bearing roda yang rusak segerelah ganti.

5. Velg Bengkok Atau Melengkung
Kondisi velg yang melengkung dan bengkok juga termasuk penyebab yang paling sering. Untuk memerikasanya cuma ban perlu diputar lihat ada benjolan pada velg apa tidak. Jika velg bengkok maka sebaiknya segera dipress untuk velg racing, namun jika velg retak sebaiknya diganti dengan yang baru.

comments

`