caption trialgame

Peringati 50 Tahun, Honda Rilis Motor Trail Edisi Spesial!

Wednesday, 8 June 2022

Peringati 50 Tahun, Honda Rilis Motor Trail Edisi Spesial!


Lomba balap motor offroad sudah mulai dilakukan sejak awal abad 19, dan kompetisi resmi pertamanya digelar pada tahun 1924. Pada saat itu memang belum ada motor trail khusus, biasanya mereka menggunakan motor biasa yang dimodifikasi agar bisa tampil garang di medan offroad. Mulai tahun 60an, lomba motor trail semakin marak, sebagian besar menggunakan motor-motor pabrikan asal Eropa untuk tampil di beragam ajang.

Hingga akhirnya pada tahun 1973, pabrikan asal Jepang Honda mengirimkan motor trail mereka untuk mengikuti beragam kompetisi. CR250M Elsinore adalah tipe awal yang dirilis Honda, dan untuk memperingati 50 tahun milestone mereka, Honda bakal merilis sebuah motor trail spesial edition.

Tidak tanggung-tanggung, mereka merilis dua jenis motor trail edisi spesial yaitu CRF450R dan CRF450X. Dua motor edisi spesial ini dibangun dan dikembangkan berdasarkan masukan dari para pebalap yang tergabung dalah Honda Racing Coorporation atau HRC. HRC sendiri berangkat dari Honda Racing Service Centre yang bertujuan khusus untuk mengembangkan motor balap Honda dan tahun ini mereka genap berusia 40 tahun.

Pengembangan motor trail ini tak hanya dari segi mesin, tapi juga termasuk bagian sasis. Untuk edisi terbaru ini, Honda melakukan beberapa penyempurnaan, seperti modifikasi pada bagian intake, throttle body, valve timing, dan pengaturan Electronic Control Unit (ECU). Throttle body yang digunakan memiliki diameter yang lebih kecil, yakni 44 mm. Valve timing juga direvisi sehingga meningkatkan torsi sampai 10 persen. Tapi, power delivery yang dihasilkan tetap halus.

Suspensi belakang juga mengalami peningkatan pada bagian pegas. Sedangkan suspensi depan, pengaturan damping juga disempurnakan untuk meningkatkan cengkraman ban depan. Tentunya, grafis atau livery yang digunakan juga spesial.

CRF450R dibekali dengan grafis yang terinspirasi dari era '80-an, termasuk penggunaan kulit jok berwarna biru, papan nomor start warna putih, dan setang serta pelek berkelir gold. Tentunya, motor ini hanya diperuntukkan di trek atau sirkuit offroad ya. Nah buat Anda yang penasaran dengan harganya, tunggu berita-berita selanjutnya ya, karena Honda memang belum mengumkan harga resmi dari motor edisi spesial ini.

comments

`