Piawai Ganti Kampas Rem Tromol Sendiri
Rem menjadi komponen paling penting bagi setiap kendaraan bermotor. Fungsi utamanya untuk memperlambat laju kendaraan, serta menghentikan putaran roda secara sempurna.Komponen pendukung sebuah rem adalah kampas. Nah biasanya nih, motor trail masih menggunakan sistem pengereman tromol pada bagian belakangnya.
Pada sistem pengereman tromol, kampas terdiri dari dua bagian. Masing-masing berbentuk setengah lingkaran. Kampas rem motor juga memiliki lampisan seperti amplas. Bertugas mengigit rumah tromol ketika tuas rem ditekan. Oleh karenanya, fungsi komponen ini sangat vital.
Alangkah baiknya sebelum Anda trabasan, Anda sudah mengetahui kondisi kampas rem masih berfungsi secara maksimal. Kendala yang kerap terjadi pada kampas rem biasanya sudah aus, tipis ataupun sudah habis.
Dampak dari kendala itu, mengakibatkan rem menjadi lebih dalam dan kurang pakem, sehingga dengan kondisi seperti ini akan sangat berisiko dan berbahaya jika Anda mengendaraai motor trail dengan kecepatan tinggi.
Oleh karena itu, apabila rem motor trail Anda sudah tidak bekerja secara maksimal, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Apakah karena kampas sudah habis, dan wajib segera melakukan penggantian atau dikarenakan oleh masalah yang lain.
Bila temuan yang terjadi Anda harus mengganti kampas rem tromol, kami akan jelaskan nih gimana cara mengganti kampas rem tromol sendiri. Cara mengganti kampas rem tromol pada motor yang pertama, siapkan peralatan. Sebelum proses pengerjaan bongkar pasang, Anda wajib melakukan hal ini supaya tidak kesulitan dalam tahap selanjutnya. Jangan lupa persiapkan juga kampas rem baru.
Peralatan yang perlu disiapkan: Kunci pas atau ring, Tang capit, Obeng, Lap / kuas / kompresor. Khusus kunci pas, bisa gunakan sesuai kebutuhan. Selanjutnya, Anda bisa mulai dengan mengendorkan dan lepas baut penyetel rem terlebih dahulu menggunakan kunci 12. Jika bautnya model kupu-kupu, Anda bisa menggunakan tang untuk membukanya.
Dalam membuka baut, Anda sebaiknya lakukan secara perlahan. Jangan lupa dalam memutarnya harus ke arah kiri. Bukan ke kanan. Lebih lanjut, Anda bisa kendorkan dan buka baut as roda di kaki-kaki motor. Khusus membuka baut as roda motor trail, menggunakan kunci berukuran 17 dan 19..
Ukuran kunci yang digunakan mungkin saja bisa disesuaikan dengan baut yang tersedia di motor Anda. Dilanjutkan lepas roda dari motor trail, kemudian buka penutup remnya, dan cabut kampas rem dari dudukannya. Di sinilah guna obeng, untuk mempermudah dalam otak-atik supaya kampas rem copot. Lakukan secara perlahan saja, supaya tidak merusak komponen yang ada.
Sebelum memasang kampas rem yang baru, alangkah baiknya Anda bersihkan terlebih dulu tutup rem dan tromol. Agar debu dan kotoran yang menempel di area tutup rem dan tromol bersih. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan menyemprot pakai kompresor jika ada. Bisa juga menggunakan kuas, sikat atau menggunakan kain lap. Setelah itu, Anda dapat mulai pasang terlebih dahulu per kampas, sebelum kampas rem dipasang pada dudukannya.
Step by step ini umumnya lebih memudahkan ketika pemasangan per kampas. Setelah yakin kampas rem diletakan sesuai dengan dudukan yang tersedia. Terakhir pasang kembali semua komponen seperti semula, baik itu as roda, baut penyetel rem, ataupun baut penahan rem.
Jika sudah yakin seluruh komponen sudah terpasang seperti semula kencangkan kembali baut as roda dan baut penahan rem. Lalu setel rem sesuai dengan kebiasaan atau kenyamanan saat Anda menggunakannya. Sebelum digunakan, sebaiknya Anda lakukan pengetesan terlebih dahulu, apakah rem sudah berfungsi secara maksimal atau belum.