caption trialgame

Pioner Motor Trail Matik

Wednesday, 30 September 2020

Pioner Motor Trail Matik


Husqvarna adalah salah satu brand motor trail yang kualitasnya sudah mumpuni. Brand asal swedia ini sudah lalu lalang di dunia garuk tanah sejak tahun 1903. Nah tapi tahukah Anda ternyata, brand yang juga kerap disebut dengan nama Husky ini pernah memproduksi motor enduro matik lho. Dan tidak main-main, motor ini diproduksi di dekade 70an.

Namanya adalah Husqvarna 360 Automatic, di mana pengoperasiannya tak perlu pakai kopling. Pengoperasiannya seperti motor matik atau skutik masa kini yang tinggal main gas dan rem. Motor ini diproduksi pada tahun 1976 dan mulanya diperuntukan untuk kendaraan militer tentara Swedia.

Pada saat itu, tentara Swedia sedang mencari motor untuk dijadikan kendaraan militer dengan beberapa kriteria diantaranya memiliki pencahayaan berdaya 100 watt, memiliki suara mesin senyap, dan girboks yang mudah diperb

Husqvarna pun tertarik untuk merancang kendaraan militer untuk tentara Swedia, tapi sebelumnya harus bersaing dulu dengan pabrikan lain seperti Monark dan Hagglundus. Kendati akhirnya yang memenangkan proyek ini adalah Hagglunds, namun nasib baik rupanya masih berpihak pada Husqvarna karena motor produksi Hagglunds memiliki beragam macam masalah.

Pihak pemerinta Swedia kembali melirik motor bikinan Husqvarna karena memiliki girboks otomatis yang bisa digunakan untuk melatih personel yang belum lancar berkendara serta mudah dibongkar pasang.Transmisi otomatis yang digunakan pun tergolong unik, karena girboks tersebut dicomot dari gergaji mesin yang dipasang pada motor.

Nah setelah itu, mereka mulai mengembakan motor enduro matik dengan beragam kubikasi mesin mulai dari 360cc, 390cc, 420 cc, 430 cc, dan 500 cc. Kendati demikian, umur motor ini tidak terhitung panjang karena pada tahun 1988, Husqvarna memutuskan untuk menghentikan produksi motor enduro matik mereka.

Kendati kurang memiliki peminat namun motor endoro bertansmisi matik hingga saat ini masih diproduksi, yang terbaru adalah Honda X-ADV. Sebagai salah satu pioner motor enduro matik, menarik untuk ditunggu apakah Husqvarna akan kembali merilis motor jenis ini.

comments

`