caption trialgame

Plus Minus Gunakan Nitrogen Pada Ban Motor Trail Harian

Monday, 5 February 2024

Plus Minus Gunakan Nitrogen Pada Ban Motor Trail Harian


Sepeda motor dapat berjalan secara optimal dikarenakan hasil kinerja berbagai komponen secara bersamaan, mulai dari mesin yang menghasilkan energi yang nantinya menggerakan ban pada sepeda motor.

Ban motor adalah salah satu komponen krusial yang memengaruhi kinerja keseluruhan kendaraan. Apabila ban motor mengalami masalah atau kendala maka akan langsung memengaruhi performa ketika berkendara.  Untuk Anda yang menggunakan motor trail secara harian, terkadang masih dibingungkan apakah menggunakan angin biasa atau nitrogen untuk mengisi ban motor Anda. Nah kami akan coba beberkan plus minus menggunakan nitrogen pada ban motor trail yang digunakan secara harian. Simak ulasannya ya.

Kami akan membahas kelebihannya terlebih dahulu ya. Molekul nitrogen memiliki ukuran yang lebih besar daripada oksigen yang terdapat dalam udara konvensional, menyebabkan laju keluar yang lebih lambat dari ban. Ketika berkendara dengan kecepatan tinggi atau suhu yang tinggi, sifat ini dapat menjaga tekanan udara tetap stabil dan mengurangi potensi ban kempes secara mendadak. Nah tekanan udara yang tetap stabil dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, karena mesin tidak perlu melakukan usaha tambahan untuk mengatasi situasi di mana ban kekurangan udara.

Ban motor yang tekenan udaranya terlalu terjaga tentu saja akan memiliki umur yang lebih panjang. Selain itu dengan menggunakan Nitrogen maka risiko ban pecah akibat kekurangan angin dan perubahan suuhu yang drastis dapat diminimalisir.

Nitrogen memiliki sifat yang kurang reaktif daripada udara biasa yang mengandung oksigen. Hal ini membuat nitrogen dapat mengurangi risiko oskidasi dan korosi pada velg dan komponen lainnya di dalam ban. Tekanan udara yang stabil meningkatkan stabilitas dan kenyamanan kendaraan, terutama saat melakukan manuver seperti menikung atau mengerem dengan kecepatan tinggi.

Nah setelah kelebihannya, kita bakal bahas kekurangannya dan yang biasanya menjadi keluhan awal adalah harganya. Menggunakan nitrogen untuk ban sepeda motor mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan udara biasa. Selain itu, tidak semua bengkel memiliki layanan atau fasilitas untuk mengisi nitrogen. Hal ini dapat menjadi kendala apabila Anda berada di tempat yang sulit untuk menemukan tempat pengisian nitrogen.

Selanjutnya, apabila Anda menggunakan nitrogen untuk mengisi ban maka Anda harus melakukan pengisian nitrogen pada ban secara berkala. Karena tekanan nitrogen akan berkurang seiring waktu. Dan jika motor trail Anda jarang digunakan, kami tidak sarankan untuk menggunakan nitrogen ya karena sifat dingin nitrogen dapat membuat karet ban menjadi kaku jika jarang digunakan.

comments

`