caption trialgame

Polisi Razia Patuh Jaya, Motor Trail Mesti Waspada!!

Thursday, 29 August 2019

Bagi Anda yang gemar membawa motor trail untuk kegiatan sehari-hari tampaknya mulai akhir Agustus hingga pertengahan September mendatang harus ekstra hati-hati saat memacu tunggangan di jalan raya. Pasalnya Kepolisian Republik Indonesia, mulai hari ini (29 Agustus 2019) mulai menggelar operasi Patuh 2019 secara serentak di wilayah Indonesia.

Lho apa pasal para pemilik motor trail harus lebih berhati-hati? Sudah bukan rahasia umum lagi jika para pemilik motor trail yang gemar membawa motornya berpetualang kadang sudah melepas beberapa piranti atau komponen motor yang merupakan syarat mutlak laik jalannya sebuah kendaraan. Biasanya hal ini dilakukan oleh para penggunak motor trail dual sport yang semakin marak peredarannya.

Sebagai contoh adalah kaca spion. Perlengkapan ini biasanya paling sering ditinggalkan para pemilik motor trail karena dianggap tidak memiliki fungsi saat berpetualang di medan offroad. Maklum saja memacu motor trail di medan offroad biasanya tidak pernah melihat belakang, salah-salah bisa terjatuh malah jika melihat melakang.

Satu lagi perlengkapan laik jalan yang sering diabaikan oleh pemilik motor trail adalah lampu. Baik itu lampu depan, lampu rem atau lampu sein. Komponen ini sering dilucuti untuk mengurangi bobot motor, sehingga lebih mudah dikendalikan dan melakukan beragam manuver di medan yang sulit.

Lantas bagiamana dengan para pengguna motor trail special engine? Motor trail jenis ini memang peruntukannya hanya untuk lomba atau digunakan ditempat-tempat tertentu. Motor trail jenis ini biasanya masuk kategori motor tidak street legal karena tidak memiliki surat-surat laik jalan. Maklum saja motor trail special engine tidak dilengkapi dengan beragam perlengkapan yang seusai dengan undang-undang lalu lintas yang mengatur tentang kelayakan kendaraan jalan raya.

Nah jadi pastikan ya bahwa motor trail yang biasa Anda gunakan di jalan raya memiliki segala kelengkapan ya, mulai dari STNK hingga perlengkapannya. Jangan lupa juga cek masa berlaku SIM Anda, jangan sampai motor sudah aman, SIM malah mati. Oh iya Operasi Patuh Jaya berlangsung sampai tanggal 11 September 2019, tetap berprilaku sopan dan menghormati pengendara lain di jalan ya.

 

NOTE: Gambar Hanya Ilustrasi 

 

comments

`