caption trialgame

Ragam Rintangan di Trial Game

Thursday, 12 July 2018

Bahasan sebelumnya, kami membuat tulisan mengenai beragam handycap atau rintangan yang kerap digunakan pada ajang motocross. Nah melalui tulisan ini kami akan mencoba membahas mengenai beragam handycap yang sering digunakan di Trial Game.

Tapi sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika sedikit menyimak tentang sejarah Trial Game. Ajang otomotif yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 lalu ini digagas untuk menjadi penyuntik gairah kejuaraan motor trail tanah air. Yang membedakan dengan ajang motocross atau supercross adalah arena pertandingan Trial Game biasanya menggunakan lahan atau tempat di perkotaan, seperti lapangan bola atau tanah lapang yang disulap dengan beragam handycap menantang.

Berbicara mengenai handycap atau rintangan, seluruh rintangan yang digunakan di Trial Game adalah bertipe knock down atau bongkar pasang. Jadi tidak akan merusak atau merubah bentuk dari tempat yang digunakan.

Setiap tahunnya  Trial Game selalu mengalami beberapa perubahan baik dari peraturan maupun handycap-handycap yang tersaji pada tiap serinya. Handycap seperti papan titian, titian cobra, double stepping, giant table top, jumping car serta double jumping car selalu berjajar rapi sebagai penghalang yang wajib ditaklukkan para kroser.  Bahkan untuk handycap dalam setiap seri yang digelar selalu berubah, terutama posisinya. Tergantung kondisi lapangan yang dipakai untuk sirkuit pada saat itu.

Secara garis besar lintasan Trial Game biasanya dibuat   di area terbuka dengan landasan jenis tanah atau rumput.  Lintasan terdiri dari 2 jalur lintasan pacu dengan jembatan (Table Top) untuk memindahkan jalur lainnya.Lebar lintasan pacu sekitar 3 m dengan pembatas pita kuning.Di garis Start dan garis Finish disiapkan 2 pintu untuk 2 peserta.   Mulai Start sampai garis finish semua peserta akan menempuh jarak maupun rintangan yang sama.

Nah dalam penyelenggaraan Trial Game tahun ini ada 7 handycap yang digunakan dalam setiap serinya. Apa saja sih? Yuk simak bersama ya.

1. JUMP CAR: Sesuai dengan namanya. Sudah jelas, rintangan ini berupa sebuah mobil sedan dengan dilapisi papan di atasnya. Bagi yang bernyali, rintangan ini akan dilalui dengan jumping tinggi ke atas, namun bagi yang kurang bernyali, handycap seperti ini tinggal melalui dengan berjalan naik dan turun di atas papan.

 

2. DOUBLE STEPPING: Rintangan ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup sulit, sehingga tidak sedikit para peserta yangt tergelincir dan gagal. Bentuknya adalah papan naik turun setinggi 2,5 meter lengkap dengan tangga di bagian belakang. Rintangan ini rata-rata harus dilelaui dengan kecepatan rendah jika ingin berhasil melewatinya.

3. GIANT TABLE TOP: adalah rintangan yang paling menarik diantara handycap, sesuai namanya, rintangan ini adalah papan naik turun setinggi 3 meter dengan lebar papan 4-5 meter yang dibawahnya juga terdapat terowongan yang juga sebagai salah satu handycap Trial Game. Di bagian inilah para peserta sering menunjukkan atraksi freestyle dengan melayang tinggi di udara.

 

4. TITIAN KOBRA: Rintangan ini berbentuk titian buatan dengan bentuk menyerupai ular kobra dengan tangga papan dibagian akhir rintangan. Bagi yang sudah profesional, rintangan ini sangat mudah ditaklukkan. Biasanya para peserta hanya sedikit menarik gas untuk melewati bagian tangga belakang dengan posisi jumping. Namun bagi para pemula, hadangan ini lumayan sulit ditaklukkan, banyak diantaranya harus terpeleset dan jatuh saat menuruni tangga.

5. CUT JUMP: Jika dilihat sekilas, rintangan ini terkesan simpel. Hanya sebuah papan yang akan membuat motor trail melayang. Namun ketinggian papan yang hampir 2 meter tentu memerlukan skill tersendiri, terutama saat landing. Salah-salah bisa tergelincir saat mendarat.

6. SUPERBOWL TONG: Untuk melewatin rintangan ini Anda memerlukan keseimbangan yang sempurna. Salah perhitungan saat akan menaiki tong akan berakibat fatal. Berhasil menaiki tong bukan berarti rintangan selesai. Dengan panjang 5 meter dan tinggi satu meter, lagi-lagi skill dan keseimbangan peserta bakal diuji.

7. PAPAN TITIAN: Yang terakhir bisa dibilang cukup mudah untuk dilewati. Rintangan ini berbentuk titian papan setinggi tak lebih dari setengah meter dengan lebar papan sekitar 30 cm, peserta hanya diwajibkan untuk naik dan melewatinya saja. Tapi jangan anggap remeh ya, meleng sedikit, bisa meleset roda depan motor trail.

comments

`