caption trialgame

Rahasia Dibalik Raungan Kasar Motor Trail Spesial Engine

Wednesday, 16 January 2019

Motor trail spesial engine atau SE memang diciptakan untuk turun dalam medan balap motocross. Gak heran jika kemudian motor trail SE memiliki power yang luar biasa karena memang pemenang lomba motocross ditentukan oleh yang terlebih dahulu menyentuh garis finis.

Motor trail jenis ini paling ideal digunakan pada lintasan balapan, baik itu trial game atau motocross. Dan waktu yang direkomendasikan pun biasanya tidak terlalu lama, sekitar 30 menit saja atau maksimal 30 menit ditambah 5 lap putaran.

Nah herannya, sebagaian besar motor trail spesial engine tertanya memiliki suara raungan mesin yang kasar. Bahkan pada telinga yang belum terlatih, banyak yang menganggap raungannya seperti suara mesin rusak.

Tapi ternyata hal ini merupakan hal yang lumrah lho, apalagi jika motor trail tersebut adalah produksi pabrikan-pabrikan asal Eropa. Jarak atau gap antar komponen mesin dibuat agak renggang. Tujuannya untuk meminimalisir gesekan antar part. Namun imbasnya suara mesin jadi lebih terdengar.

Maklum saja motor trail spesial engine ini sering digeber pada putaran mesin yang tinggi. Sehingga dibuat jarak antara komponen yang renggang itu supaya kerja mesin semakin enteng dan lebih awet. Gap antara komponen dibuat lebih jauh agar gesekan tidak terlalu tinggi yang membuat kerja mesin semakin ringan.

Oh iya jarak atau clearance gap antar komponen mesin yang semakin besar mempengaruhi jenis oli yang digunakan. Gunakan oli dengan kandungan SAE 10/50. Oli jenis ini direkomendasikan karena kekentalannya flexible dan cenderung tidak mengental sekali saat udara dingin, sehingga memudahkan mesin di-starter saat pagi hari.

Sementara untuk bahan bakar dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Hal ini dimaksudkan agar meninggalkan sisa pembakaran yang bisa membuat kinerja mesin motor trail terganggu.

comments

`