caption trialgame

Rahasia Pengereman di Musim Hujan!

Tuesday, 9 November 2021

Rahasia Pengereman di Musim Hujan!


Dalam beberapa  hari terakhir, di wilayah Jakarta dan sekitarnya, hujan kerap kali menyapa di kala sore hari tiba. Oleh karena itu bagi Anda yang menggunakan motor trail untuk beraktivitas setiap harinya, harus melakukan beragam persiapan dalam menghadapi setuasi ini. Jangan lupa untu mempersiapkan perlengkapan pendukung seperti jas hujan dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah membekali diri dengan kemampuan berkendara yang aman saat musim hujan tiba.

Nah salah satu yang harus dipahami adalah teknik pengereman di musim hujan. Ngerem waktu naik motor di musim hujan, bisa menjadi tantangan tersendiri. Apabila tidak dilakukan dengan teknik yang benar, ban bisa selip dan tentunya berbahaya bagi keselamatan. Lalu, seperti apa sih cara ngerem yang aman waktu riding di musim hujan?

Hal pertama yang penting dilakukan ketika mengendarai motor di tengah hujan adalah memegang setang dengan erat.  Dengan cara ini, Anda bisa mencegah selip. Selain itu, perhatikan juga postur agar tubuh bisa memberi refleks yang baik ketika Anda nyaris tergelincir.

Saat hendak menurunkan kecepatan motor saat berkendara di jalan yang licin dan basah akibat hujan, yang harus dilakukan adalah melepas handle gas. Dengan cara ini, laju motor bisa berhenti dengan segera. Jangan sampai Anda mengerem, tapi dengan tetap ngegas. Kalau masih sambil ngegas, rem tidak akan mempan. Turunkan kecepatan dan lakukan pengereman secara bertahap. Jika hal ini dilakukan sekaligus, risiko terjadinya selip pun meningkat. Sebisa mungkin amati kondisi jalan terlebih dahulu. Jika kondusif dan cukup sepi, maka cara ini relatif aman untuk dilakukan.

Oh iya, pakailah keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Laju motor bisa berkurang atau dihentikan secara optimal, melalui teknik yang satu ini. Termasuk ketika Anda sedang berkendara di jalan yang licin dan basah. Dengan melakukan pengereman menggunakan empat jari ini pun Anda bisa terhindar dari kemungkinan tergelincir.

Dan yang terakhir adalah disarankan untuk menghidari menggunakan rem belakang ya. Ternyata, melakukan pengereman dengan rem belakang dalam kondisi jalanan yang licin dan basah, malah bisa membuat risiko tergelincir jadi meningkat, terutama di tikungan.

Nah demikian teknik pengereman di musim hujan, jangan lupa untuk periksa tekanan ban sebelum berkendara. Pastikan sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dengan tekanan angin yang pas, ban tidak akan kehilangan daya cengkeramnya ketika melalui jalanan yang licin maupun basah akibat hujan. Dan yang terpenting adalah Stay safe dalam perjalanan Anda ya.

comments

`