caption trialgame

Rajin Touring, Cek Part Ini Sering-sering!

Tuesday, 1 June 2021

Rajin Touring Jangan Lupa Cek Komponen Ini


Bagi Anda pengguna supermoto yang gemar mengajak tunggangan Anda berpetualang jauh, sebaiknya  setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya.  Apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan agar kondisi motor tetap terjaga baik dan dipergunakan secara maksimal  untuk mendukung aktivitas Anda, berikut penjelasannya ya.

Dikarenakan perjalanan yang cukup jauh, perlu adanya pengecekan oli atau bahkan pergantian oli mesin. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek filter udara ya. Untuk filter udara saat service dapat dibersihkan sedangkan untuk pergantian direkomendasikan pergantian setiap 15.000 km.Namun jika pemakaian dalam kondisi ekstrem dan penggunaan terlalu sering atau lama, semakin cepat diganti semakin baik. Untuk pengecekan busi, cukup banyak motor kurang performa bahkan mati dikarenakan kurangnya perawatan busi. Busi dapat dibersihkan saat service, jika sudah lebih dari 6.000 km busi wajib diganti.

Untuk bagian jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan.  Cek pola kembang serta tekanan udara ban, karena jika pola kembang ban habis karena terpakai/tipis, ditambah tekanan udara yang tidak standar dapat membahayakan. Sebaiknya Anda melukan cek secara menyeluruh kondisi ban Anda setiap 12.000 KM atau 1 tahun pemakaian, jika kurang bagus dapat segera diganti dan tentunya dengan tekanan udara yang sesuai spesifikasi ban tersebut.

Perhatikan pula kondisi gear sprocket dan rantai ya, jangan terlalu kendaor dan jangan terlalu kencang. Karena rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan. biasanya untuk masa pemakaiannya yaitu 25.000 km, jika sudah masuk di waktu tersebut segeralah diganti.

Saat bepergian jauh biasanya ada kondisi dimana Anda terpaksa harus mengisi bahan bakar di pinggir jalan atau eceran atau di pom bensin yang tidak jelas kualitasnya. Sebenarnya tidak masalah namun Anda pasti tidak tahu kandungan dalam bahan bakar tersebut bagus atau tidak.  Oleh sebab itu saat service wajib melakukan pengecekan injeksi khusus injector. Rekomendasi setiap 10.000 km bisa melakukan rutin pembersihan injector.

comments

`