TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Ramai Peta Motor Trail Enduro Tanah Air

Teknis Kendaraan 20.01.2025

Ramai Peta Motor Trail Enduro Tanah Air


Setelah menunggu, akhirnya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saja merilis motor trail baru Kawasaki KLX230R S model 2025, yang dikhususkan untuk enduro nih. Oh iya ternyata pada produk baru ini punya banyak perubahan, yang paling menonjol ada di posisi berkendaranya yang bikin para off-roader jadi makin nyaman. Oh iya motor trail Kawasaki KLX230R S 2025 yang telah resmi dipasarkan oleh KMI ini dibanderol Rp 50,9 juta (OTR Jakarta). Kalau pilihan warnanya cuma ada satu, yakni Lime Green saja.

Secara dapur pacunya tentu beda dengan KLX230 standar, yakni 1 silinder 233cc 4-stroke SOHC 2-katup berpendingin cairan dengan kompresi 9,4:1 dan ukuran bore x stroke 67 x 66mm. Mampu menghasilkan tenaga 18,5 hp pada 8.000 rpm dan torsi 19,6 Nm pada 6.400 rpm. Yang paling penting ada perbedaan di rasio finalnya, yaitu pakai 3.538 dengan gear 46/13 (standarnya 3.214 dengan gear 45/14).

Karena motor ini merupakan motor Enduro, maka motor ini tidak dilengkapi dengan part-part untuk legal dipakai di jalan raya, seperti perlampuan, spion, spakbor, dan dudukan plat nomor. Bahkan di KLX230R S ini tidak punya speedometer dan tentu saklar untuk mengontrol lampu.

Kalau desainnya sendiri terinspirasi dari Kawasaki KX-series alias yang special engine, pastinya penggunaannya untuk kompetisi atau garuk tanah saja. Namun pada tipe ‘S’ ini berbeda dibanding KLX230R, seperti yang dijelaskan diatas kalau bedanya di ergonomi berkendara.

Perbedaannya ada di tinggi jok yang lebih rendah, awalnya 900mm dari 875mm, bentuk tulangan jok, serta bentuk subframe belakang. Kawasaki bahkan memperlebar jok untuk menambah kenyamanan pengendara dan menambahkan busa 6mm. Pijakan kaki telah diposisikan ulang 9mm ke belakang, dan setang 25mm lebih jauh ke depan dan 13mm lebih tinggi, memungkinkan lebih banyak ruang untuk bergerak di sekitar motor. Perubahannya ini tentu agar motor trail ini bisa lebih nyaman dan cocok untuk semua kalangan.

Yang kembali adalah rangka perimeter baja Kawasaki. Namun Kawasaki kembali merancang ulang sub-frame belakang, membuatnya lebih kompak sekaligus mencapai ketinggian kursi yang lebih rendah (35,6 inci pada R dan 34,4 inci pada RS) tanpa menghilangkan busa kursi atau perjalanan suspensi. Jarak sumbu roda yang lebih pendek (54,1 inci pada R dan 53,3 inci pada RS) dan rake yang lebih curam memungkinkan sasis responsif dan penanganan cepat. Perubahan yang dihasilkan dalam dinamika penanganan pada RS terlihat jelas saat mengukir jalan yang lebih sempit.

Motor ini menggunakan suspensi dari SHOWA yang menggunakan garpu depan teleskopik 37mm perjalanan panjang, memungkinkan banyak perjalanan (9,8-sin. pada R dan 8,6-in. pada R dan 8,6-in. pada R RS) sambil menyerap medan dan melompat. Suspensi belakang Uni-Track yang baru menggunakan shock SHOWA dengan penyesuaian preload saja, dengan pegas dan pengaturan redaman baru memberi Anda (9,8 inci pada dan 8,5 inci pada RS). Secara keseluruhan, suspensinya sangat mengesankan.

Nah gimana? Makin banyak kan pilihan untuk yang mau punya motor enduro, tapi ingat jangan dibawa untuk kegiatan sehari-hari ya.

 

 

 

SPESIFIKASI
Power Maksimum           13,8 kW {19 PS} / 8.000 rpm
Torsi Maksimum               19,6 Nm {2,0 kgfm} / 6.400 rpm
Jenis Mesin         Air-cooled, 4-stroke Single
Volume Silinder 233 cc
Diameter x Langkah        67,0 x 66,0 mm
Perbandingan Kompresi 9,4:1
Sistem Katup      SOHC, 2 valves
Sistem Suplai Bahan Bakar            Fuel injection: ø32 mm x 1
Sistem Pengapian            Digital
Start      Electric
Transmission      6-speed, return
Primary Reduction Ratio                2,871 (89/31)
Final Reduction Ratio      3,538 (46/13)
Kopling Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type Chain

Tipe Rangka        Perimeter, high-tensile steel
Suspensi Depan ø37 mm telescopic fork
Suspensi Belakang           New Uni Trak with adjustable spring preload
Wheel Travel Depan       220 mm
Wheel Travel Belakang  217 mm
Sudut Putar / Trail            24,6° / 100 mm
Roda Depan       80/100-21 51M
Roda Belakang  100/100-18 59M
Rem Depan         ø240 mm petal disc
Kaliper Depan    Dual-piston
Rem Belakang    ø220 mm petal disc
Kaliper Belakang               Single-piston

Panjang x Lebar x Tinggi 2.035 x 845 x 1.185 mm
Jarak poros roda               1.355 mm
Jarak ke Tanah   270 mm
Tinggi Tempat Duduk     875 mm
Kapasitas Bensin               7,6 litres

Berita terkait

News
News Event 10.09.25

Seri Ke-4 Siap Guncang Lapangan..

Ajang balap trail paling megah, Trial Game Dirt putaran ke-4 akan segera digelar di Sirkuit Lapangan Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah,...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

CDI Racing Lawan Standar, Unggul..

CDI Racing Lawan Standar, Unggul Mana ? Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua, ada banyak komponen penting yang berperan...

News
Teknis Kendaraan 08.09.25

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi..

Buka Wawasan Yuk, Ini Fungsi Seal Kruk As Seal kruk as mungkin tampak seperti bagian kecil yang tersembunyi di dalam...