caption trialgame

Rangkuman Jurus Handal Tembus Jalur Offroad

Thursday, 20 August 2020

Rangkuman Jurus Handal Tembus Jalur Offroad


Bagi Anda yang gemar melakukan touring biasanya akan banyak berhadapan dengan beragam jenis medan. Tidak sedikit bahkan dari beberapa kelompok penggila touring merencakan perjalanan mereka dengan komposisi 30% jalan aspal, 30% jalan raya rusak, 30% jalur off-road dan 10% sisanya jalur variasi, seperti jalur basah, pasir atau bahkan pantai. Nah simak beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjajal jalur off-road berbatuan sampai menyebrangi sungai yang kami rangkum dari beragam sumber.

Yang pertama adalah jaga keseimbangan. Sebenarnya ini untuk medan seperti apa pun. Keseimbangan adalah kunci dalam mengendarai motor trail Anda. Namun dalam untuk menghadapi jalur off-road keseimbangan perlu mendapat porsi ekstra dengan memposisikan badan agar sesuai dengan kondisi lintasan yang dihadapi. Misalnya menghadapi jalan menurun hindari memposisikan badan terlalu ke depan. Dengan begini akan membantu menghindari beban berlebih pada bagian depan motor yang juga memberi kendali yang lebih baik.

Usahakan untuk terus memandang sekitar seluas mungkin, namun tetap awas dengan kondisi jalan di depan mata. Seringkali, saat melintasi bidang miring atau turunan, kita akan hanya fokus melihat ke depan padahal dengan melihat lebih luas pengemudi dapat melihat celah jalan lain yang mungkin bisa diambil. Dengan memandang lebih luas ke arah depan dan tetap memperhatikan jalur lintasan, sensasi ngebut saat pandangan condong ke depan dapat dikurangi.

Atur kecepatan motor trail Anda ya. Jalur menurun dengan lintasan yang miring artinya akan ada momentum berat yang condong ke depan pada kendaraan. Mengendalikan kecepatan saat menuruni bidang miring menjadi sangat penting. Jika melaju terburu-buru biasanya pengendara akan membuka pedal gas berlebihan yang lebih sering berakhir dengan jatuh. Hal yang sama juga berlaku saat melalui jalan menanjak yang berbatu. Memutar pedal gas terlalu berlebihan malah bisa membuat ban 'lari' dan tidak menapak jalan dengan baik.

Nah untuk menyebrangi sungai, Anda harus memastikan dulu jalur yang ingin dilalui. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat aliran sungai. Hindari bagian tengah sungai yang biasanya lebih dalam dan cari jalur terpendek yang mungkin dilalui. Terakhir atur keseimbangan dan postur berkendara saat melintasi daerah berair. Jika kendaraan terhenti di sungai, jangan panik. Tetap kuasai kendaraan dan kendali terhadapnya.

comments

`