caption trialgame

Rangkuman Tips Safety Riding Motor Trail

Friday, 21 August 2020

Rangkuman Tips Safety Riding Motor Trail


Geliat kegiatan offroad mulai terlihat di beberapa daerah di Indonesia. Kendati belum seramai saat sebelum terjadi pandemi global, namun hal tadi menimbulkan gairah positif bagi dunia motor trail. Animo yang cukup tinggi akan dunia motor trail sayangnya tidak diikuti dengan pengetahuan safety riding yang mumpuni, maka tak heran jika dalam beberapa event sering terjadi kecelakaan yang terkadang menelan korban.

Dijelaskan lebih jauh, persiapan menujuoff-road harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena Anda harus siap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan yang tidak diketahui sebelumnya. Oleh karena itu pastikan kondisi motor dan pengendara pengendara harus benar-benar prima.

Nah kami akan mencoba memberikan rangkuman mengenai tips safety riding mengendarai motor trail. Tips ini akan membantu Anda, khususnya yang belum pernah melakukan petulangan offroad.

Ada beberapa point ternyata banyak yang salah kaprah, mengenai teknik berkendara antara medan off road dan on road (jalan raya).Yang pertama, berkendara di medan apapun sangat dibutuhakn metenangan dan sebaiknya mencari dahulu dengan menggali informasi mengenai medan yang akan dilewati.

Kedua, perhatikan untuk tidak berkendara sambil menginjak rem. Gunakan gigi 1 untuk tanjakan untuk mendapatkan torsi lebih, setelah itu rasakan momentum yang cukup dan hindari setangah kopling. Dengan begitu, kelimpahan torsi pada motor dimanfaatkan dengan maksimal.

Setelah itu perhatikan posisi duduk, di meda off road posisi duduk menentukan keselamatan berkendara.Misalnya pada jalan menanjak yang curam usahakan untuk berdiri dan badan menumpu ke depan, begitu juga sebaliknya. Buka lebar siku agar handling lebih leluasa.Keenam, ikuti kontur jalan dan jangan dilawan.

Oh iya usahakan ban depan untuk berada di jalaur yan benar untuk memudahkan menjaga keseimbangan. Dan apabila motor terjatuh sebaiknya langsung matikan kontak mesin. Dan jika terjatuh sebaiknya lepaskan motor jangan ditahan, hal ini berfungsi untuk mencegah resiku luka lebih serius dan menghindari Anda tertiban motor.

Nah demikan beragam tips yang bisa kami sampaikan, ingat keselamatan diri adalah yang utama, jangan sampai kesenangan sampai melupakan keselamatan Anda ya.

comments

`