caption trialgame

Raungan Tenere 700

Friday, 8 March 2019

     Lelah menunggu kabar motor trail Yamaha yang konon bakal dirilis di Indonesia? Jangan khawatir, kita punya berita penawarnya. Kendati bukan murni motor trail, Yamaha Motor Europe resmi mengumumkan perilisan motor motor adventure keren bernuansa rally yang bernama Tenere 700. Yamaha Eropa adalah tim yang mendesain motor ini dan tidak heran jika kemudian mereka dipercaya untuk meluncurkan motor tersebut.

     Menurut rilis resmi Yamaha Motor Europe, Tenere 700 dijual dengan harga 9300 Euro. Tapi harga ini adalah harga promo online yang pemesanannya sendiri baru akan dibuka pada tanggal 27 Maret mendatang. Harga ini lebih hemat 400 Euro dibandingkan harga resmi yang akan dipatok di dealer-dealer seluruh Eropa. Tenere 700 sendiri menurut rencana akan mulai dipasarkan pada Juli-Agustus 2019.

     Tenere 700 adalah motor adventure yang mungkin akan merubah peta kekuatan market motor adventure middle weight di dunia. Dengan mesin 689 cc dua silinder Crossplane 2 (CP2) bertenaga 72 HP dan torsi 68 Nm, motor ini nyaman digunakan untuk on road dan offroad sekaligus. Apalagi ban Tenere 700 layaknya ban motor offroad tulen dengan diameter 18 inch di bagian belakang dan 21 inch di bagian depan. Intinya motor ini sangat dipersiapkan untuk kebutuhan adventure di segala medan. Dukungan mesin dua silinder membuat Anda mantab melahap lintasan on road. Sementara suspensi, velg, ban dan sasis yang dirancang untuk medan offroad, membuat Anda nyaman mengendarai di lintasan offroad.

     Kalau melihat harganya, Tenere 700 tergolong murah di Eropa sana. Tapi misalnya masuk ke Indonesia harganya pasti melambung tinggi. Bahkan mungkin Tenere 700 bisa menembus harga Rp 300-350 jutaan. Kenapa? Karena di Indonesia motor dengan mesin lebih dari 500 cc kena PPN BM 125%. Itu belum termasuk bea masuk impor dan dan pajak-pajak lain yang bikin motor bermesin besar harganya melesat tajam.

     Nah sekarang menarik untuk ditunggu nih, apakah motor trail terbaru Yamaha bakal lebih dahulu rilis di Indonesia? Atau jangan-jangan Tenere 700 yang bakal melaju duluan di jalan Indonesia?

comments

`