caption trialgame

Rem Overheat Jangan Disiram, Lantas Diapakan?

Tuesday, 15 March 2022

Rem Overheat Jangan Disiram, Lantas Diapakan?


Rem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian motor trail Anda yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, motor trail Anda pasti sulit untuk dikendalikan.

Nah motor trail jenis terbaru biasanya sudah menggunakan rem jenis cakram untuk rem depan maupun belakang, tapi memang masih ada pabrikan yang hanya menggunakan rem cakram pada ban depan dan rem tromol untuk ban belakang.

Rem cakram dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan. Tapi rem cakram ini juga punya kekurangan. Karena rem cakram ini berada di luar jadi rentan terkena debu yang lama-kelamaan bisa merusak cakram. Untuk itu, rem cakram ini memerlukan perawatan agar tetap bisa bekerja maksimal.

Nah tapi tahukah Anda, ternyata kondisi rem cakram yang panas, karena gesekan, ternyata bisa menurunkan perfomanya lho. Akhirnya gak sedikit juga yang kemudian nekat menyiram cakram rem tersebut dengan air. Jangan lakukan hal ini ya, karena sudah pasti bakal merusak cakram tersebut.

Cara terbaik untuk mendinginkan rem cakram adalah dengan menunggu sampai suhu rem cakram menurun, lalu siram dengan air yang bersih untuk mempercepat proses pendinginan. Sebaiknya, Anda  juga memperhatikan penggunaan rem cakram ini, terlebih saat trabasan ketika melewati banyak jalan menurun. Jalan yang menurun ini akan membuat rem cakram bekerja lebih keras dan lebih cepat panas. Cakram yang panas ini bisa menurunkan daya cengkram rem.

Nah jadi pastikan Anda melakukan pengecakan rem motor trail Anda sebelum melakukan trabasan, dan jika motor trail digunakan untuk kegiatan harian, Anda haru rutin memeriksanya minimal satu bulan sekali ya agar kondisi tetap terjaga.

comments

`