caption trialgame

Riders! Jangan Suka Asal Simpan Helm Ya!

Tuesday, 25 May 2021

Jangan Asal Simpan Helm Cadangan Anda


Bagi Anda yang menggunakan motor trail untuk kegiatan sehari-hari biasanya memilik helm lebih dari satu. Satu digunakan saat trabasan dan satu digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini dapat dimaklumi karena masing-masing helm tentu memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Biasanya kemudian ada satu helm yang jarang digunakan dan imbasnya helm tersebut biasanya menjadi kurang terawat.

Hal tersebut biasanya terjadi karena helm yang jarang digunakan i berpotensi lebih besar terserang jamur yang membuat helm jadi bau dan hal ini bisanya terjadi karena salah kaprah saat melakukan penyimpannya. Tapi tahukah Anda ternyata cara merawat helm yang jarang dipakai ternyata cukup  mudah lho yakni pakai sarungnya. Saat kita beli helm biasanya dikasih sarungnya. Itu ada gunanya. Dipakai. Biar helm tidak terkena debu dan lain-lain.

Oh iya jangan langsung menyimpan helm segera setelah dipakai. Sebab helm yang baru dipakai itu suhunya masih panas. Dalam keadaan demikian helm tidak boleh langsung ditutup. Kalau habis pakai diangin-anginkan dulu. Buka kacanya, balik helmnya jadi posisi lubangnya di atas. Kasih dudukan. Diamkan sejam atau sekira bagian dalamnya sudah tidak panas. Setelah itu baru disimpan pakai sarung.  Jika saat kondisi panas helm langsung ditutup artinya tidak ada sirkulasi udara. Sedangkan hawa panas itu berubah menjadi lembab. Kondisi lembab menyebabkan jamur mudah tumbuh.

Pengendara sepeda motor biasanya punya helm lebih dari satu. Helm pertama untuk harian dan yang kedua jarang dipakai untuk kegiatan khusus. Namun karena jarang dipakai atau cuma sesekali saja bukan berarti helm tidak butuh dirawat. Justru helm yang jarang dipakai mesti lebih diperhatikan kondisinya.

Nah jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya busa atau padding helm dilepas dan dipisahkan dengan shell helm. Hal ini dilakukan agar busa helm tidak cepat kempis dan muncul bau tidak sedap. Busa sebaiknya dicuci dan disimpan di wadah yang tertutup rapat. Adapun batok dan visor helm bisa diletakkan di dalam ruangan tertutup dan tidak langsung terkena pancaran sinar matahari. Shell helm bisa diletakkan di rak atau lemari khusus, tujuannya agar tidak berdebu. Namun bagi Anda yang tidak memiliki tempat penyimpanan khusus, helm bisa dimasukkan ke dalam sarung bawaan helm dan disimpan di tempat yang aman.

 

comments

`