TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Rincian Komponen Trail Yang Harus Dilumasi!

Teknis Kendaraan 17.04.2023

Melumasi motor trail kesayangan Anda bukanlah hal yang sepele. Dengan kelembaban di Indonsia yang tinggi, ada beberapa komponent yang akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Dan melumasi beberapa komponen tersebut adalah langkah pertama dari perawatan motor trail Anda.

Biasanya komponen yang palins sering dilumasi adalaha rantai. Maklum saja, kunci untuk mendapatkan perfoma optimal dari rantai motor trail Anda adalah dengan menjaganya tetap bersih. Bersihkan rantai sebulan sekali dengan menggunakan parafin, kemudian gunakan lap kering untuk membersihkannya. Setelah itu baru gunakan cairan pelumas khusus untuk rantai, untuk mendapatkan tingkat keregangan dan keteganan yang tepat. Tapi tahukah Anda ternyata ada beberapa komponen lain lho yang harus rutin Anda lumasi agar kinerja tetap prima. Apa saja sih komponen tersebut? Simak penjelasannya ya.

Yang pertama adalah bagian kaki-kaki motor trail Anda yaitu suspensi depan dan belakang. Dua komponen ini rentan terhadap dampak dari air yang Anda temukan di beragam lintasan. Teteskan sedikit oli mesin pada bagian ini untuk mencegah terjadinya karat, dan menjaga keregangan dari suspensi.

Kemudian rumah rem caliper, karena komponen ini mudah terkena karat jika tidak dirawat dengan tepat. Ketika hal ini terjadi, maka biasanya akan mengakibatkan kerusakan pada kampas dan cakram rem, serta mengurangi performa pengereman. Oleskan sedikit lubricant grease atau yg biasa disebut gemuk di Indonesia, pada bagian caliper pin, bagian belakang kampas, serta piston rem untuk mencegah terjadi karat.

Biasanya Anda mengira sudah cukup bukan dengan melumasi komponen-komponen di atas. Tapi jangan salah, ternyata ada beberapa komponen yang sering luput dilumasi, padahal komponen ini perlu juga lho diberikan pelumas. Pasti Anda tidak menyangka jika handle rem dan kopling juga perlu dilumasi. Semprotkan sedikit cairan pelumas di titik pivot handle rem dan kopling agar pergerakan dua komponen itu tetap lancar. Hal ini juga mencegah terjadinya gesekan antar handle dan dudukannya.

Anda pasti tidak menyangka jika lubang kunci dan pijakan kaki pun harus dibeli pelumas. Untuk lubang kunci, gunakan sedikit cairan pelumas atau setetes oli bersih pada beragam lubang kunci di motor trail Anda, mulai dari lubang kunci stater, sampai penutup bensin (jika memiliki kunci). Anda tidak ingin jika karat berada di tempat-tempat itu. Jika terjad ada kemungkinan kunci patah, karena rumah kunci susah diputar.

Kemudian lumasi bagian pijakan kaki atau foot pegs, terutama jika kompent ini yang bisa dilipat. Foot peg yang tidak terlumasi akan kaku dan rusak jika terkena tumbukan, untuk mencegah terjadinya kerusakan, gunakan gemuk untuk melumasi sendi-sendi lipatannya.

Dengan memberikan pelumas dan lubrikasi yang tepat pada komponen di atas, performa motor trail Anda menjadi terus terjaga. Dan keawaten komponen-komponen tadi bisa dijaga, sehingga penggunaanya bisa menjadi lebih lama.

 

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Udah Tau Belum Kalo Sistem..

Sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi vital untuk menghidupkan mesin, menerangi lampu (depan, belakang, sein), mengisi aki, dan mengoperasikan peralatan elektronik...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Pede Gak Bongkar Ring Piston..

Piston merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. Komponen tersebut mampu mengubah panas menjadi tenaga penggerak. Itu karena piston...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Oo Jadi Ini Penyebab Indikator..

Pemilik motor trail dual sport pernah meratiin gak indikator yang ada di motor Anda? Coba cek lampu indikator motor Anda...