TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Riset Dulu Lah Sebelum Ganti Ban Motor Trail!

Teknis Kendaraan 17.11.2025

Akhir tahun sudah semakin mendekat nih, bakalan ada tanda-tanda bonus akhir tahun nih biasanya. Nah buat Anda yang sudah merencanakan bonus akhir tahunnya untuk mengganti ban motor trail Anda, jangan sampai salah pilih ya. Maklum saja harga ban motor trail terbilang cukup lumayan, jadi kalo salah beli, bisa-bisa menggantinya baru bisa nunggu bonus hari raya nanti.

Jenis ban motor trail saat ini memang banyak sekali dipasaran, Anda bisa mendapatkannya dari harga yang murah hingga yang mahal dan high end. Dan biasanya harga menentukan spesifikasi, kualitas, compound, kembangan ban dan tentu saja merk. Lantas apa saja memang faktor yang menentukan ideal atau tidaknya sebuah ban motor trail?

Yang pertama tentu adalah corak kembangan. Kembangan ban motor trail biasanya dibuat lebih menonjol dibanding ban pada umumnya. Karena tonjolannya mengotak kecil menyerupai tahu potongan tahu, membuat ban motor trail ini sering disebut ban tahu.

Ban tahu dirancang khusus untuk dapat memberikan traksi yang baik saat motor melintasi jalanan bebatuan, tanah yang basah, hingga tanah yang berlumpur sekalipun. Ban motor trail bisa berotasi pada kondisi medan jalan tersebut karena corak tahu tadi mampu mencengkeram permukaan jalan dengan baik.  Tidak semua ban motor trail memiliki bentuk tahu yang sama. Secara sekilas mungkin terlihat sama tapi biasanya memiliki bentuk dan tonjoloan yang tidak serupa.

Apabila jeli, ada beberapa corak ban yang membentuk pola tertentu,  yang biasanya ideal digunakan pada kondisi lintasan tertentu juga. Biasanya ban motor trail yang memiliki alur yang tidak tersebar, ditujukan untuk penggunaan harian di pedalaman yang menjadikan aktivitas off road sebagai keseharian, seperti berladang ataupun kondisi jalan yang belum memadai.

Sementara yang  memiliki pola tonjolan tahu yang menyebar, biasanya lebih berguna untuk medan ekstrim karena mampu memberikan daya traksi yang lebih. Ada juga beberapa ban yang memiliki kembangan yang melebar hingga mendekati sisi dinding ban, dan jenis ii amat ideal untuk digunakan pada beragam ajang lomba motocross.

Setelah memahami perbedaan desain alur atau tonjolan ban, perbedaan lain yang wajib Anda ketahui  adalah profil compound alias material dasar pada masing-masing ban. Material ban biasanya dibuat dari karet alami atau karet buatan yang biasa disebut karet sintetis. Umumnya compound ban terbagi atas keras (hard), menengah (medium), dan lunak (soft), tapi yang umum digunakan di Indonesia adalaha jenis hard dan soft. Mengapa demikian?

Biasanya ban yang menggunakan compound hard, cenderung kuat dan tahan lama. Namun tidak semua ban bercompund hard bersifat elastis ya, jadi pastikan saat memilih, ban tersebut mampu meredam benturan dan menambah traksi pada jalan yang berlumpur.

Sementara itu ban bercompound soft atau lunak biasanya memiliki  daya cengkeram yang  lebih maksimal dan semakin meningkatkan traksi, sehingga melibas medan jalan apapun bukan masalah bila menggunakan. Tapi biasanya ban jenis ini memiliki umur yang kurang panjang.

 

Dan yang terakhir jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dinding ban atau sidewall. Maklum saja dinding ban berfungsi sebagai peredam saat motor menghantam beragam medan offroad, sehingga pengalaman berkendara menjadi tetap nyaman. pastikan untuk memilih ban yang memiliki kualitas dinding yang elastis dan mampu melepaskan benturan secara perlahan sehingga daya redam jauh lebih maksimal. Gimana udah yakin mau pilih yang mana? Liburan akhir tahun bakal lebih seru pastinya dengan ban baru di motor trail Anda.

Image credit : chaparalmotorsports.com

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 17.11.25

Yah Kok Mati Mendadak Nih..

Lagi asyik motor trailan, tiba-tiba mesin motor mati. Pernah ngalamin gak ? kalo pernah kondisi ini sering disebut dengan istilah...

News
Teknis Kendaraan 17.11.25

Stel Pelek Motor Trail Itu..

Teramat sangat jarang, melihat motor trail yang digunakan untuk trabasan menggunakan pelek selain pelek jari-jari. Motor trail menggunakan pelek jari-jari...

News
Teknis Kendaraan 17.11.25

Biar Safety Cakram Depan Wajib..

Memasuki musim hujan, trabasan bakal lebih seru nih. Medan basah dengan cuaca adem bakal bikin petualangan Anda semakin syahdu. Oleh...