caption trialgame

Rolling Resistance dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Trail

Thursday, 20 December 2018

Salah satu komponen motor trail yang bisa membuat irit bahan bakar kendaraan ialah dengan menjaga kestabilan tekanan sektor kaki-kaki yakni tekanan angin ban. Apalagi jika Anda menggunakan motor trail secara harian, tekanan angin memegang peranan penting untuk meminimalkan gesekan roda dengan permukaan jalan. Bila tekanan angin kurang, maka hambatan ban makin besar.

Daya cengkeram ban menurun jika permukaan ban tak menapak sempurna. Namun jangan pula menambah tekanan ban secara berlebihan, bukan saja boros bahan bakar dampak lainnya ialah mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Sektor kaki-kaki memiliki kemungkinan pengaruh besar dalam menunjang kelancaran saat melaju di jalanan. Karena ban bisa menyebabkan pemborosan bahan bakar, jika ban cukup berat bergelinding yang mengakibatkan pemberatan performa mesin. Hal ini secara teknis biasa disebut dengan istilah rolling resistance.

Rolling Resistance adalah tahanan terhadap roda yang akan dan telah menggelinding akibat adanya gaya gesekan antara roda dengan permukaan jalannya roda. Pada dasarnya, rolling resistance adalah momen yang digunakan roda untukmelawan arah gerakan, setara dengan gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda bergerak maju.

Rolling resistance memiliki pengaruh yang cukup besar terhdapfisiensi kendaraan. Banyak faktor yang mempengaruhi rolling resistance, salahsatunya adalah tekanan udara (Inflation Preassure) dari ban itu sendiri. Pada ban,tekanan udara adalah hal yang harus selalu diperhatikan karena berkaitan dengan

keamanan dan kenyamanan berkendara.

Pada kenyataannya tekanan udara pada banjuga mempengaruhi rolling resistance yang akhirnya berpengaruh juga terhadapkonsumsi bahan bakar. Oleh karena itu perlu adanya pengamatan tentang pengaruhtekanan udara yang diharapkan bisa menurunkan gaya rolling resistance agar dapat

menentukan tekanan udara pada ban yang sesuai.

Periksa selalu tekanan angin ban supaya konsumsi bahan bakar sesuai ketentuan. Tekanan angin ban yang kurang bisa membuat konsumsi boros cukup jauh. Apalagi kalau dibiarkan berlarut-larut 1 minggu, bahkan berbulan-bulan, jelas pemborosan yang berlebihan. Ban yang gembos, membuat beban semakin berat. Ini membuat mesin bekerja lebih keras lagi. Efeknya, pengendara harus menekan pedal gas lebih dalam lagi. Ini berarti kucuran bahan bakar akan semakin banyak. Nah, ada baiknya juga tak sekadar diperiksa secara visual. Walau sepintas terlihat tidak kempes, tapi lebih baik lagi kalau memang diperiksa tekanan anginnya agar mendapat hasil yang akurat. lnya akurat.

comments

`