caption trialgame

Segini Usia Pakai Ideal Sepatu Boots!

Wednesday, 21 April 2021

Segini Usia Pakai Ideal Sepatu Boot


Sepatu boot menjadi perlengkapan vital bagi para pemilik motor trail yang gemar melakukan trabasan di medan offroad. Bahkan boleh dibilang bahwa sepatu menjadi perlengkapan yang wajib digunakan jika tidak ingin kaki Anda terkilir  atau bengkak dihajar batu atau akar pohon saat melahap jalur offroad.

Saat ini tentu tidak sulit untuk mencari sepatu boot untuk offroad. Beragam produk bisa dengan mudah Anda temui, mulai dari produk lokal yang harganya ratusan ribu, hingga merk-merk ternama yang harga jualnya bisa menyetuh harga puluhan juta.

Tapi biasanya dengan harga kisaran 2 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan sepatu boot offroad brand internasional seperi Oneal, Thor, bahkan Acerbis, tapi tentu dengan spesifikasi yang entry level. Nah layaknya barang yang digunakan, apalagi sering menemani trabasan, tentu ada kalanya sepatu tersebut mulai mengalami kerusakan. Bahkan hal ini menjadi pertimbangan beberapa orang yang enggan membeli sepatu boot mahal karena sudah pasti akan rusak juga.

Sebenarnya berapa lama sih usia pakai sepatu boot offroad? sepatu, bukan hanya sepatu boot offroad saja, memang memiliki usia pakai yang berbeda, semua tergantung bahan dan cara pemakaian. Biasanya sepatu boot offroad menggunakan sol karet dan kulit untuk bahan sepatunya. Dan setelah menginjak usia 2 tahun, mulai terlihat adanya degradasi pada sepatu tersebut.

Setelah 2 tahun digunakan itu biasanya pada bagian kulit sepatu mulai retak-retak atau terkelupas. Tampangnya jadi tidak indah lagi, apalagi jika sering bertempur di medan offroad. Nah memasuki tahun ketiga, kerusakan sepatu biasanya akan merambah pada bagian yang mengandung plastik yang tampak mulai retak atau bahkan pecah. Seringkali dudukan kait pengunci sepatu itu juga mulai ada yang lepas. Tingkat kekenyalan sol pun mulai menurun, karena sol karetnya mulai sedikit mengeras sebelum akhirna tampak pecah-pecah dan getas.

Jika Anda melakukan offroad setiap minggu sekali, maka dalam satu bulan berarti Anda 4 kali menggunakan sepatu boot. Dan dalam waktu dua tahun, berarti Anda mengenakannya sebanyak 96 kali. Nah jika boleh diambil kesimpulan, maka setelah 100 kali penggunaan, sebaiknya mulai sisihkan uang untuk membeli sepatu boot yang baru sebelum yang lama sudah tidak bisa dipakai lagi.

 

comments

`