caption trialgame

Segway Ramaikan Industri Motor Trail Listrik

Thursday, 2 January 2020

Kendati belum mampu menghasilkan trend atau hype, namun dunia motor trail listrik tetap memiliki daya pikatnya sendiri. Bahkan ada beberapa perusahan motor trail listrik yang berencana mengikuti Rally Dakar 2020 hanya untuk menguji ketahanan produk mereka.

Nah salah satu perusahaan lagi yang konon akan segera berkecimpung di industri motor trail listrik adalah Segway. Perusahaan asal Amerika serikat ini, sebelumnya dikenal sebagai produsen serta produsen skuter listrik untuk kawasan perkotaan.

Segway bahkan konon telah menyiapkan dua tipe motor trail listrik bernama Segway X160 dan X260. Perbedaan dari varian yang akan meluncur pada 2020 tersebut, terletak pada ukuran, kekuatan motor, hingga jarak jelajah.

Motor trail listrik Segway X160 dirancang berukuran lebih kecil dengan rangkaian daya paket baterai lithium-ion 20 Ah. Walaupun hanya memiliki penggerak dengan kekuatan 3 kW atau 4 Hp, motor ini mampu mengeluarkan torsi puncak hingga 219 Nm. Cukup ngeri lah ya.

Tenaga tersebut mengantarkan Segway X160 untuk melaju hingga kecepatan maksimal sekitar 50 Kpj. Sementara, paket baterainya memberi jarak jelajah realistis sekitar 50 kilometer. Segway mengklaim baterai motor ini bisa diisi penuh dalam waktu tiga sampai empat jam.

Sedangkan untuk Varian Segway X260 tampil dengan jarak sumbu roda lebih panjang, posisi duduk lebih tinggi, serta ground clearance l;ebih besar. Paket baterainya pun mencapai 32 Ah dengan penggerak berkekuatan 5 kW atau sekitar 7 Hp. Motor listrik ini juga menawarkan torsi puncak hingga 248 Nm, sedikit lebih besar dari SUV Toyota Fortuner yang berkisar 245 Nm.

Klaim untuk jarak jelajah Segway X260 sendiri mencapai 120 Km, dengan kecepatan maksimal mencapai 75 Kph. Selain itu, varian Segway X260 memiliki spesifikasi pembeda dengan model X160 seperti penggunaan suspensi lebih panjang, juga ukuran roda depan mencapai 19 inci, serta dilengkapi kampu utama.

Secara data di atas kertas, kedua motor trail Segway rasanya bisa bersaing dengan motor trail konvensional, namun biasanya yang agak mengganjal dan menghambat penjualan motor trail listrik adalah harga jualnya yang cukup bikin dahi berkerut. Nah menarik untuk ditunggu, apakah motor trail listrik segway menjadi motor trail listrik pertama yang memiliki harga terjangkau.

comments

`