caption trialgame

Sejarah Singkat Lampu Sein Kendaraan

Wednesday, 6 July 2022

Sejarah Singkat Lampu Sein Kendaraan


Pemilik motor trail yang menggunakannya sebagai kendaraan harian tentu harus memiliki lampu sein sebagai salah satu kelengkapan berkendara. Berbeda dengan yang hanya menggunakan motor trail untuk trabasan, lampu sein memang bukan menjadi komponen utama.

Nah bayangkan jika Anda berkendara di jalan raya tanpa menggunakan lampu sein, berapa banyak kecelakaan yang bisa terjadi. Namun, tahukah kamu lampu sein ternyata memiliki sejarah panjang sebelum digunakan di berbagai jenis di sepeda motor, mobil, hingga truk. Apalagi, lampu tersebut kini menjadi salah satu estetika penting di semua jenis kendaraan. Penasaran kan ? simak ulasannya ya.

Saat awal industri otomotif mulai bergerak, belum ada pemikiran untuk menggunakan beragam macam fitur apalagi lampu sein. Hal ini juga yang kemudian mengakibatkan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Hingga akhirnya pada tahun 1912, seorang aktris bernama Florence Lawrence menggunakan bendera pada mobilnya untuk menandakan arah kemana mobil akan berbelok. Kala itu, temuannya  mengharuskan pengemudi menekan sebuah tuas saat berbelok. Setelah itu, secara perlahan mekanik mobil akan menurunkan atau mengangkat bendera di bumper belakang mobil ketika berbelok.

Berbekal inovasi dari Florence, beberapa pabrikan mobil di Eropa  kemudian mencoba mengembabgnakn dengan memasang lonceng dan peluit uap di setiap mobil. Hal itu akan menandakan setiap mobil yang akan berbelok selalu membunyikan lonceng dan peluit uap. Namun, pemasangan dua benda tersebut ternyata tidak efektif karena dianggap membuat pengemudi tidak selalu mendengar jelas akibat ramainya arus lalu lintas.

Baru pada tahun 1925 ketika Edgar A Walz Jr, mengembangkan penemuan Florence Lawrence dengan sempurna. Ia memasang tanda lampu alias lampu sein di kanan-kiri pada bagian depan dan belakang mobil. Selain itu, ia juga membuat perubahan besar dalam dunia otomotif yakni menciptakan lampu sein dengan berkedip saat dinyalakan. Sejak saat itu, penggunaan lampu sein lantas berkembang pesat akibat penemuan yang dilakukan sang aktris Florence Lawrence dan dikembangkan oleh Edgar. Nah demikian sejarah singkat lampu sein, jadi gunakan lampu sein dengan bijak ya karena komponen tersebut bukan hanya penghias yang membuat motor trail Anda menjadi lebih unik.

comments

`