caption trialgame

Serba Serbi Ban Depan dan Belakang Motor Trail

Thursday, 10 September 2020

Serba Serbi Ban Depan dan Belakang Motor Trail


Saat ini tentu Anda sudah mengetahui sebab dari berbedanya ukuran ban depan dan belakang pada motor trail. Perbedaan diameter pelek pada motor trail lebih kepada penggunaannya itu sendiri, yakni motor trail memang diperuntukkan bisa melahap jalur atau medan offroad . Sementara itu tujuan pelek depan lebih besar dari roda belakang di motor trail, karena bertujuan untuk mendapatkan redaman suspensi yang lebih nyaman. Termasuk saat berbelok di jalan yang tidak rata.

Ukuran roda lebih besar itu untuk melibas gelombang yang besar di lintasan offroad, tentu juga dibuat dengan travel shock depan yang juga lebih panjang dibandingkan motor on-road. Perbedaan ukuran itu karena mempertimbangkan bahwa ban depan yang lebih dahulu kontak dengan lintasan. Artinya, ukuran peredaman goncangan sangat ditentukan untuk memudahkan handling dan pengendalian. Sementara itu, roda belakang yang lebih kecil diaplikasikan untuk mempermudah manuver pada jalanan offroad.

Ban belakang lebih kecil membantu saat membelok. Selain itu, bentuk dan panjangnya ukuran suspensi depan motor trail memang merekomendasikan untuk pengaplikasian roda yang lebih besar diameternya. Ukuran shock yang lebih tinggi dan panjang ini akan bersinergi dengan baik jika menggunakan ban berdiameter besar.

Nah lantas, jika suatu saat Anda harus mengganti ban motor trail Anda, dan kebetulan dana sedang pas-pasan sehingga tidak memungkinkan untuk langsung mengganti keduanya, mana yang lebih didahulukan? Ban depan atau ban belakang?

Jawabannya adalah dahulukan mengganti ban belakang ya, karena perannya terhitung lebih vital. Kerja ban belakang lebih berat ketimbang ban depan karena sebagai penerus tenaga mesin sekaligus penopang bobot motor dan pengguna. Dalam kondisi normal pemakaian, diakui ban belakang pun

Nah sementara itu fungsi ban depan lebih kepada faktor pengendalian motor pada saat bermanuver. Tapi bukan berarti tidak rentan kerusakan. Untuk penggemar motor trail yang gemar melahap handicap di medan offroad, ban depan biasanya menjadi tumbukan utama saat mendarat, dan ini biasanya yang bisa menyebabkan beberapa kembangannya lebih cepat rusak.

Lalu bolehkan memindahkan ban depan yang masih bagus untuk menggantikan ban belakang yang sudah rusak? Sebaiknya hal ini jangan dilakukan ya, karena ban depan dan belakang fungsinya beda, secara ukuran pun ban depan biasanya berukuran lebih kecil dari ban belakang.

 

comments

`