caption trialgame

Serba-Serbi Selang Radiator Motor Trail

Tuesday, 30 April 2019

Selang radiator merupakan salah satu komponen sistem pendingin yang juga memiliki peran penting pada motor trail Anda. Selang ini berfungsi untuk mengalirkan cairan pendingin atau water coolant agar suhu mesin tetap terjaga dengan baik dan menghindari terjadinya overheat pada mesin.

Fungsinya mengalirkan water coolant yang mungkin mengarah ke water pump kemudian diarahkan ke mesin. Jadi fungsi utamanya sebenarnya hanya menghubungkan antara radiator utama dan mesin agar mesin tidak terlalu panas.

Jika diperhatikan, terdapat dua buah selang radiator yang terpisah satu sama lain.Masing-masing memiliki fungsinya tersendiri agar kinerja sistem pendinginan maksimal. Selang radiator yang pertama langsung menempel pada bagian radiator yang mengalirkan cairan pendingin ke water pump. Sementara itu, selang kedua menghubungkan water pump dengan mesin.

Selang ini umumnya hanya memiliki satu warna saja pada semua jenis motor, yaitu hitam. Namun, banyak juga pengendara yang ingin mendongkrak penampilan dengan mengganti selang radiatornya. Penggantian ini umumnya hanya pada segi warna saja. Tapi, apakah penggantian ini aman dan dijamin mencegah dari kebocoran?

Sebenarnya penggantian ini boleh-boleh saja, tapi sebaiknya hanya pergunakan selang dari merek yang benar-benar sudah teruji kualitasnya. Biasanya harga tentunya menentukan kualitas. Penggunaan selang yang berkualitas tentunya memiliki bahan yang bagus sehingga keamanannya terjamin.

Selang yang berkualitas tentunya akan lebih tahan panas, tidak mudah getas, tidak cepat kaku, dan tidak mudah bocor. Celakanya,yang berbahaya itu penggunaan selang radiator yang hanya untuk penampilan saja tanpa memerhatikan bahan baku yang digunakan selang tersebut.

Kalau ganti selang aftermarket hanya untuk gaya dan penampilan tanpa memerhatikan bahan pembuatannya, ini yang bahaya. Daya tahan selangnya pasti tidak akan lama, justru rentan mengalami kebocoran. Jadi, pergunakanlah aksesoris dengan kualitas terbaik agar keselamatan berkendara tetap terjaga.

comments

`