caption trialgame

Serba-Serbi Servis Motor Trail?

Thursday, 31 March 2022

Serba-Serbi Servis Motor Trail?


Motor trail yang sering digunakan untuk trabas membutuhkan perhatian lebih banyak. Tak bisa hanya ganti oli saja karena ada beberapa bagian penting lainnya yang juga mesti rutin dicek. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya menggunakan oli mesin yang sesuai. Pengendara motor trail sering kali membuka dan menutup handle gas ketika melewati medan jalan off road. Hal ini akan membuat mesin cepat panas. Oleh karena itu disarankan menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi.

Setelah itu jangan lupa untuk menyetel handle gas dan kupling. Agar tarikan motor responsif ada baiknya melakukan penyetelan handle gas dengan jarak bebas antara 2-6 mm. Sementara itu jarak bebas tuas kopling antara 10-20 mm.

Anda juga harus memperhatikan ketegangan rantai ya. Rantai motor trail akan sering mengalami gesekan dengan swing arm. Pabrikan mengatasinya dengan menaruh chain slider di bagian atas swing arm. Anda disarankan agar rutin memerhatikan ketegangan rantai agar gesekannya masih tidak terlalu berlebihan.

Penggunaan rim lock alias stopper sangat penting pada motor trail yang sering digunakan trabas. Sebab, pada kondisi jalan tertentu tekanan ban harus dikurangi sampai level yang cukup rendah. Rim lock berguna menjaga inner tube atau ban dalam tidak bergeser kemudian pentilnya patah.

Sering melintas di jalan rusak menjadi tantangan tersendiri untuk motor trail terutama bagian steering-nyanya. Oleh karena itu cobalah melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menghindari pengendalian yang kurang baik. Misalnya, oblak atau malah terlalu keras sehingga menuver terhambat.

Nah untuk servis rutin di bengkel rutin, amat diperlukan bagi pengguna motor trail yang sering trabasan. Biaya servis motor trali sendiri biasanya beragam, namun jika Anda melakukannya di bengkel resmi biasanya berkisar antara Rp70 ribu untuk servis ringan dan Rp140 ribu untuk servis berat. Ini untuk biaya jasa saja, belum termasuk penggantian komponen.

Sementara itu untuk bengkel spesialis, biasanya biaya lebih mahal sedikit namun, menu perawatannya lebih lengkap. Sebagai contoh di Bengkel SMR88 Depok, mereka mematok biaya perawatan 100 ribu untuk sekalis servis tapi biaya tersebut sudah termasuk k perawatan unitrack, karburator, sampai filter oli. Mana yang lebih Anda sukai? Tentu tergantung kepercayaan dan kinerja masing-masing mekanik ya, hanya saja kesimpulannya lebih baik merawat motor trail daripada tidak sama sekali.

comments

`