caption trialgame

Servis Motor Bisa Bikin Rusak Peking Mesin

Thursday, 16 April 2020

 

Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai penyebab blok mesin sering terjadi rembes oli. Ada tiga hal yang menyebabkan hal itu terjadi yaitu kondisi seal oli yang kurang baik, packing mesin yang bocor dan mesin yang retak. Nah melalui artikel ini kami akan coba menjelaskan bagian mesin mana saja sih yang paling sering terjadi kebocoran.

Pada motor trail yang sudah berumur, banyak ditemui beberapa bagian mesin motor yang rawan terjadi rembesan oli seiring pemakaian.Paking atau gasket di mesin sendiri berfungsi sebagai perekat antar komponen yang disatukan sehingga tidak terjadi kebocoran oli mesin.Nah ternyata selain karena masa pakai, paking atau gasket di mesin juga bisa rawan bocor akibat servis motor.

Bagian mesin yang paling rawan terjadi rembesan oli mesin paling sering ditemui terjadi pada bagian cover head silinder.Meskipun punya desain berbeda, setiap motor umumnya punya bagian seperti penutup besi yang bisa dilepas pasang di bagian head silinder.

Diantara seluruh bagian mesin, tutup head silinder paling sering dilepas pasang untuk keperluan pemeriksaan atau setel ulang.Ketika servis, mekanik umumnya melakukan pengecekan kondisi klep atau setel ulang kerenggangan klep yang prosesnya perlu melepas pasang cover head silinder.

Walaupun setting atau setel klep diperlukan untuk mengembalikan performa mesin motor, ternyata berimbas pada bagian paking atau perekat covernya.Selain karena panas mesin, paking atau gasketnya jadi lebih cepat kendur dan gepeng kalau sering dibongkar pasang. Jadi rawan tempat bocornya oli.

Nah jika hal ini terjadi, tentu saja soluisnya tidak lain dan tidak bukan yaitu harus menganti dengan yang baru. Karena kondisi karet paking atau gasketnya sudah getas atau tipis sudah pasti akan menyebabkan terjadinya kebocoran oli mesin.

Meskipun rembesan oli tersebut tidak berbahaya buat mesin, jika dibiarkan tentu oli mesin bakal lebih cepat berkurang. Dalam jangka pendek, mesin yang kekurangan oli bisa cepat panas sehingga kerjanya jadi kurang maksimal. Efek paling parahnya, mesin motor yang kekurangan oli bisa jebol akibat kurang pelumasan dan perlu banyak perbaikan. Jadi jangan anggap remeh masalah ini ya.

comments

`