TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Setting Ulang Motor Trail Pasca Trabasan

Teknis Kendaraan 28.06.2022

Setting Ulang Motor Trail Pasca Trabasan


Penggemar trabasan pasti paham apa yang harus dilakukan pasca motor trail mereka melahap medan offroad. Tapi hal ini belum tentu diketahui oleh para pendatang baru yang bisa jadi tidak mengetahui seluk beluk motor trail. Nah agar tidak ketinggalan info maka kami akan kembali menjelaskan beragam hal yang harus dilakukan pasca trabsan, maklum saja karakteristik berkendara di jalan raya (On Road) jauh berbeda dengan cara berkendara di jalan berlumpur ataupun berpasir. Jadi sudah pasti sehabis trabasan memerlukan perhatian ekstra pada motor trail Anda.

Saat trabasan, sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah, hal ini tentu  kondisi lintasanyang dilaluinya. Dengan karakter seperti itu kerja mesin lebihmaksimal dan mesin cepat panas sehingga oli mesin lebih mudah menguap. Oleh karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi.  Anda harus lebih sering melakukan pengecekan dengan cara melihat stik level oli mesin apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang dari standar. Jika ada dibatas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah.

Permainan gas merupakan hal sering dilakukan pada dunia off road. Setingan throttle gas atau tuas gas menjadi perhatian lebih. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, Anda dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Hal serupa dengan handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Motor yang sering trabasan pasti sering mengalami gesekan pada rantai roda motor, hal ini akibat hausnya pada rantai roda itu sendiri maupun swing arm kendaraan anda. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor anda serta lakukan pengencangan pada rantai roda anda sebelum bermainoff road. Hal yang kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan dari rantai roda.

Jangan lupa untuk cek kondisi rim lock atau stopper ban ya. Alat ini merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci velg antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin. Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan anda.

Motor trail memang sangat cocok untuk manufer loncat-loncatan. Namun Anda harus sering mengecek pada steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupu ke kiri. Jika steering stem kendaraan pada off roader mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segeralah kunjugin mekanik kepercayaan Anda untuk dilakukan setting atau pergantian bearing pada sterring stem.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Effort Besar Bersihkan Lumpur Pasca..

Musim hujan emang paling asyik nih buat trabasan. Cuaca yang gloomy mendung bikin adem saat melintas medan offroad. Tanah basah,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Geliat Pasar Helm High Super..

Teknologi yang semakin maju, telah merambah ke perlengkapan berkendara motor. Gak percaya? nih buktinya, produsen helm terkenal asal Jepang, Shoei,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Lakukan Ini Jika Ingin Velg..

Meski hampir semua model motor kini menawarkan velg casting karena praktis tetapi motor trail tetap menggunakan velg jari-jari. Motor trail...