caption trialgame

Shockbreaker Upside Down Perlu Rutin Dirawat Lho!

Thursday, 19 August 2021

Shockbreaker Upside Down Perlu Rutin Dirawat Lho!


Motor trail keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan beragam fitur paling mutakhir. Nah salah satu fitur yang biasanya ada pada motor trail tersebut adalah shockbreaker upside down. Shocbreaker jenis ini, bahkan menjadi komponen standar bagi motor trail kelas menengah ke atas keluaran 3-4 tahun terakhir.

Tapi tahukah Anda ternyata shockbreaker upside down arus diservis secara berkala lho. Apalagi jika motor trail Anda sering digunakan untuk trabasan dan melahap medan berat yang pasti bakal membuat kinerja shockbreaker menjadi ekstra.

Sebaiknya disarankan untuk melakukan servis shockbreaker upside down setiap dua tahun sekali atau minimal 30 hingga 35 ribu kilometer dalam setiap pemakaiannya. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja dan perfoma shockbreaker tetap terjaga dan motor trail Anda bisa tampil sesuai dengan standar yang Anda harapkan.

Lantas apa saja sih pekerjaan yang dilakukan saat servis shockbreaker jenis ini? yang pertama tentu adalah wajib untuk mengganti oli shockbreaker. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan seal-seal pada shockbreaker tersebut. Biasanya setelah motor berumur lebih dari 2 tahun atau telah melewati 30 ribu kilometer maka kondisnya akan sudah banyak timbul retakan dan getas. Kondisi ini ditimbulkan karena ada panas yang terjadi akibat gesekan gerakan naik turun komponen yang ada di dalam shockbreaker ini.

Seperti diketahui, selain untuk mengatur gerak kompresi di sok, oli juga melindungi komponen di dalam upside down dari gesekan. Gesekan itu kemudian menghasilkan panas, belum lagi tekanan angin yang terjebak di dalam sokbreker upside down, lama-lama sil bisa getas atau rusak. Nah jadi jangan anggap sepele servis shockbreaker ini ya. Karena memang tidak sedikit yang lebih menaruh perhatian kepada mesin, atau gear set ketimbang memperhatikan shock breaker.

comments

`